Tautan-tautan Akses

Kongres AS Desak Pembukaan Pasar Tiongkok


Menteri Perdagangan Amerika, Gary Locke
Menteri Perdagangan Amerika, Gary Locke

Komisi Pengadaan DPR mengeluh bahwa janji Tiongkok membuka akses pasar atas barang dari luar negeri telah gagal memberi hasil.

Para anggota Kongres Amerika mendesak pemerintahan Obama agar meminta kepada Tiongkok supaya membukakan pasar mereka bagi lebih banyak ekspor Amerika.

Kelompok 30 anggota Komisi Pengadaan DPR dari kedua partai itu mengeluh dalam sepucuk surat hari Jumat bahwa janji Tiongkok di masa lalu untuk mempermudah masuknya ke pasar Tiongkok barang dari luar negeri telah gagal memberi hasil.

Para anggota Kongres menghimbau kepada Menteri Perdagangan Amerika Gary Locke dan Duta Perdagangan Amerika Ron Kirk menjelang pertemuan Komisi Gabungan Perniagaan dan Perdagangan pekan depan .

Mereka mendesak para pejabat agar meminta komitment dari Tiongkok yang akan menetapkan sasaran impor piranti lunak dan barang lain, dan bagi Tiongkok melindungi hak harta intelektual.

Desakan itu dilakukan sementara data perdagangan baru hari Jumat menunjukkan defisit perdagangan Amerika dengan Tiongkok untuk 10 bulan pertama tahun 2010 telah meningkat kira-kira 20 persen dari periode yang sama tahun lalu.

XS
SM
MD
LG