Tautan-tautan Akses

Calon Hakim Agung AS Tegaskan Ia Tidak Akan Terpengaruh Trump


Calon Hakim Agung AS Neil Gorsuch di Capitol Hill, Washington, 21 Maret 2017.

Calon Hakim Mahkamah Agung AS Neil Gorsuch masih menghadapi satu hari lagi sidang kornfirmasi di hadapan sebuah panel Senat, Rabu, sebelum para anggotanya memutuskan apakah akan merekomendasikan pencalonannya di Senat.

Gorsuch mengatakan kepada Komisi Hukum Senat, dalam sidang konfirmasi Selasa, tidak ada satupun pejabat dari pemerintahan Trump yang menekannya untuk berjanji memberi suara yang mendukung isu-isu penting yang diusung Partai Republilk.

Gorsuch mengatakan, tidak ada seorang pun dalam proses pencalonannya yang memintanya membuat komitmen atau janji mengenai bagaiman ia akan mengambil keputusan dalam kasus apapun. Ia bahkan menyatakan, “Saya tidak keberatan mengambil keputusan yang bertentangan dengan partai manapun.”

Pernyataan Gorsuch pada awal hari kedua sidang konfirmasi, Selasa, diikuti serangakian pertanyaan gencar dari para legislator, khususnya dari kubu Demokrat, mengenai janji-janji kontroversial yang disampaikan Trump semasa kampanye.

Itu termasuk menerapkan kembali teknik penyiksaan bagi tersangka teroris, melarang Muslim memasuki AS, dan menominasikan hakim yang akan membatalkan keputusan Mahkamah Agung Roe versus Wade tahun 1973, mengenai hak perempuan untuk melakukan aborsi. [ab/as]

XS
SM
MD
LG