Tautan-tautan Akses

Konflik Suriah Mengarah ke Sebelah Timur


Misil yang diluncurkan dari kapal selam Krasnodar Rusia menyasar militan ISIS di kota Palmyra (31/5).

Konflik Suriah mengarah ke bagian timur negara yang diporakporandakan perang itu, di mana pasukan Suriah dan sekutu-sekutu Syiahnya pekan ini melancarkan beberapa ofensif di gurun yang berbatasan dengan Irak dan koalisi pimpinan Amerika melancarkan serangkaian serangan udara.

Satu serangan pada hari Rabu (31/5) menewaskan seorang juru propaganda senior ISIS. Pemberontak Sunni dukungan Amerika juga telah melancarkan serangan di perbatasan Suriah-Irak.

Para pejabat pemerintah Suriah mengklaim telah membuat banyak korban jatuh di pihak ISIS sejak Rabu, dengan serangan-serangan yang dilakukan Garda Republik ke sebelah barat Deir A-Zor dan serangan Brigade Militer Arab Suriah 104 dan 123 dalam bentrokan panjang di kota al-Rishdieh dan distrik-distrik al-Hawiqah.

Serangan ini menandai meningkatnya ofensif militer rezim yang telah berlangsung berpekan-pekan di Suriah Timur, yang berlangsung bersamaan dengan siyarat berulang kali para pemimpin milisi Syiah Irak dukungan Iran, yang mungkin memutuskan untuk melintas perbatasan, bergerak memasuki Suriah, dan bergabung dengan pasukan Presiden Bashar al-Assad.

Milisi juga telah melipatgandakan upaya mereka untuk menyingkirkan para anggota ISIS dari desa-desa di perbatasan Irak. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG