Tautan-tautan Akses

Komodo Masuk Daftar Merah Hewan yang Terancam Punah


Seekor komodo di Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto: Reuters)
Seekor komodo di Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo, Provinsi Nusa Tenggara Timur. (Foto: Reuters)

Komodo, yang hanya ada di Taman Nasional Komodo dan Flores, dinyatakan sebagai hewan yang terancam punah pada Sabtu (4/9).

Perkembangan itu tercatat dalam Daftar Merah bagi Spesies yang Terancam yang diterbitkan oleh Serikat Internasional bagi Konservasi Alam (International Union for the Conservation of Nature/IUCN).

IUCN mengatakan spesies itu "semakin terancam oleh dampak perubahan iklim." IUCN mencatat naiknya permukaan laut diperkirakan akan menggerus habitat komodo hingga 30 persen dalam 45 tahun ke depan.

"Kemungkinan hewan pra-sejarah ini satu langkah lebih dekat menuju kepunahan akibat perubahan iklim, sangat menakutkan," kata Andrew Terry, Direktur Konservasi pada Masyarakat Zoologi London.

Penurunan itu adalah "seruan keras agar alam diprioritaskan dalam semua pengambilan keputusan" ujarnya dalam pembicaraan iklim PBB di Glasgow.

Sekitar 28 persen dari 138.000 spesies yang dipelajari oleh IUCN kini terancam punah selamanya karena dampak aktivitas manusia.

Pesan penting dari Kongres IUCN yang diadakan di Prancis adalah menghilangnya spesies dan kehancuran ekosistem merupakan ancaman yang sejalan dengan perubahan iklim. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG