Tautan-tautan Akses

AS

Komite Nasional Demokrat Siap Ikuti Debat


Ketua Komite Nasional Demokrat (DNC), Tom Perez

Komite Nasional Partai Demokrat DNC hari Selasa (17/12) mengumumkan bahwa debat calon presiden berikutnya akan berlangsung sesuai rencana, yaitu pada hari Kamis (19/12), setelah partai itu membantu menyelesaikan perselisihan perburuhan yang mengancam keberlangsungan forum itu.

Ketua DNC Tom Perez dalam pernyataannya mengatakan ia membantu “mengajak semua yang berkepentingan ke meja perundingan… untuk mencapai kesepakatan yang memenuhi kebutuhan mereka dan sekaligus mendukung pekerja.”

Tujuh kandidat yang memenuhi syarat untuk mengikuti debat di Loyola Marymount University di Los Angeles itu akhir pekan lalu mengatakan mereka akan memboikot debat kalau mereka harus melewati barisan pemogok setelah beberapa pekerja yang mewakili pekerja di kampus itu mengancam akan terus mengadakan unjuk rasa untuk mencapai kesepakatan perundingan kolektif dengan perusahaan jasa makanan “Sodexo.”

UNITE HERE Local 11 mengatakan mereka mewakili 150 juru masak, pencuci piring, kasir dan pelayan yang bekerja di kampus Loyola Marymount University. Mereka sudah berunding dengan “Sodexo” sejak Maret lalu untuk mencapai kesepakatan perundingan kolektif tanpa mencapai resolusi apapun, dan para pekerja mulai berdemonstrasi November lalu tentang isu ini. Perez, mantan menteri tenaga kerja di bawah Presiden Barack Obama, menunjukkan dukungan atas keputusan ketujuh kandidat calon presiden untuk tidak melewati hambatan pekerja yang mogok itu dan secara pribadi membantu memediasi tercapainya perjanjian dan mencegah pembatalan debat itu.

Senator Massachussetts Elizabeth Warren, Senator Vermont Bernie Sanders, mantan wakil presiden Joe Biden, walikota South Bend-Indiana Pete Buttigieg, Senator Minnesota Amy Klobuchar, aktivis lingkungan hidup Tom Steyer dan pebisnis Andrew Yang telah dinyatakan memenuhi syarat untuk tampil dalam debat Kamis malam nanti. (em/ii)

XS
SM
MD
LG