Tautan-tautan Akses

AS

Para Kandidat Presiden Partai Demokrat Siap Debat di Atlanta


Debat Capres Partai Demokrat AS di Otterbein University, Westerville, Ohio, 15 Oktober 2019. (Foto: dok).

Partai Demokrat AS mengadakan debat presiden kelima, Rabu (20/11) di Atlanta, Georgia. Sepuluh kandidat dari Partai Demokrat akan saling berdebat selagi berkampanye untuk nominasi presiden Partai Demokrat yang akhir-akhir ini dibayangi oleh drama pemakzulan terhadap Presiden di Washington.

Ini akan menjadi tahap perdebatan ramai lainnya di Atlanta dengan sepuluh kandidat Partai Demokrat bersaing untuk meraih dukungan dari pemilih Demokrat.

Dua pesaing utama, mantan wakil presiden Joe Biden dan Senator dari Massachusetts Elizabeth Warren, akan menjadi pusat perhatian.

Tapi satu kandidat yang saat ini menarik perhatian adalah Walikota South Bend, Indiana, Pete Buttigieg.

Jajak pendapat menunjukkan Buttigieg unggul di Iowa, negara bagian yang akan memulai kaukus dan pemungutan suara awal pada Februari.

"Semakin banyak pemilih mendengar pesan saya, mereka semakin mendukung dan kita semakin mampu mengembangkan basis kita," kata Pete Buttigieg.

Biden masih unggul dalam jajak pendapat nasional dan berpendapat ia akan menjadi kandidat terkuat untuk menghadapi Presiden Trump tahun depan.

"Siapa pun di antara kami yang akhirnya menjadi calon Partai Demokrat, presiden berikutnya jelas akan mewarisi dua hal. Negara yang terpecah belah dan dunia dalam kekacauan,” komentar Joe Biden.

Warren juga masih berada di urutan teratas kancah persaingan Partai Demokrat tetapi akhir-akhir ini posisinya tersudutkan karena pemilih meragukan program layanan kesehatan pemerintah - Medicare bagi Semua yang diusulkannya.

“Datanglah ke kaukus untuk memilih saya dan ikutlah berjuang bersama saya karena sekarang saatnya kita untuk bercita-cita besar, berjuang keras dan menang!,” jelas Senator Elizabeth Warren.

Satu kandidat baru Partai Demokrat yang tidak akan ikut dalam debat kali ini adalah mantan Gubernur Massachusetts Deval Patrick, yang pekan lalu mengumumkan pencalonan dirinya untuk nominasi Partai Demokrat.

"Kampanye ini, saya kira adalah kesempatan untuk mempersatukan rakyat," jelas Deval Patrick.

Mantan walikota New York City dan miliarder Michael Bloomberg juga kemungkinan akan terjun ke dalam kancah persaingan.

Masuknya kedua kandidat tambahan ini menimbulkan sejumlah pertanyaan mengenai kancah persaingan saat ini, kata analis Larry Sabato.

“Jelas banyak pemimpin Partai Demokrat sangat khawatir dengan eselon teratas di lahan persaingan Partai Demokrat. Masing-masing kandidat punya masalah — terlampau tua, muda, terlampau berpengalaman dan kurang berpengalaman, dan kemudian terlalu jauh ke kiri, terlalu jauh ke kanan," jelasnya.

Delapan pesaing akan berada di panggung untuk debat di Atlanta termasuk Senator dari Vermont Bernie Sanders, Senator dari California Kamala Harris, Senator dari Minnesota Amy Klobuchar dan Senator dari New Jersey Cory Booker. [jm/my]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG