Tautan-tautan Akses

Kominfo Minta Facebook Beri Jawaban Rinci Penyalahgunaan Data


Para pengunjung berfoto di depan logo Facebook di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California, 28 Maret 2018.
Para pengunjung berfoto di depan logo Facebook di kantor pusat Facebook di Menlo Park, California, 28 Maret 2018.

Kementerian Komunikasi dan Informatika memberi waktu Facebook satu minggu untuk memberikan lebih banyak informasi tentang penyalahgunaan data pribadi 1 juta pengguna Indonesia dan langkah-langkah yang diambil perusahaan untuk mencegah kebocoran tersebut, Reuters melaporkan.

Lebih dari 115 juta warga Indonesia menggunakan Facebook. Pemerintah telah menekan Facebook untuk menjelaskan bagaiman data pribadi bisa diperoleh oleh konsultan politik Cambridge Analytica melalui kuis-kuis.

Dalam pernyataan yang dirilis Kamis (19/4) petang, Kominfo mengatakan kementerian telah mengirimkan surat kepada Facebook Ireland, unit Facebook yang mengurusi bisnis internasional. Surat Kominfo itu untuk membalas surat yang dikirimkan Facebook pada 10 April dari kepala perlindungan data. Kementerian minta informasi lebih detail dan dokumen-dokumen mengenai penyalahgunaan data termasuk apakah data tersebut telah dibagikan juga ke pihak ketiga, seperti CubeYou dan Aggregate IQ.

Facebook mengatakan pihaknya telah menangguhkan konsultan politik Kanada, Aggregate IQ, dari platformnya setelah laporan penyalahgunaan data pengguna Facebook. Menurut CNBC, Facebook juga telah menangguhkan perusahaan data analitis CubeYou untuk menyelidiki bagaimana perusahaan itu mengumpulkan informasi dari berbagai kuis.

Kominfo juga meminta konfirmasi mengenai langkah-langkah teknis untuk membatasi akses data di Facebook dan tambahan informasi mengenai audit pembagian data yang dijalankan perusahaan jejaring media sosial itu.

Menurut pernyataan Kominfo, Facebook harus memenuhi semua permintaan tersebut dalam waktu tujuh hari sejak surat dikirimkan, Kamis (19/4).

Facebook tidak segera memberikan komentar mengenai permintaan kominfo, Jumat (20/4). [ft/au]

Recommended

XS
SM
MD
LG