Tautan-tautan Akses

Komentar Presiden Argentina bahwa Orang Brazil 'Berasal dari Hutan', Picu Kehebohan  


Presiden Argentina Alberto Fernandez berbicara dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (tidak tampak di foto) di Istana Moncloa, di Madrid, Spanyol, 11 Mei 2021. (Foto: Reuters)
Presiden Argentina Alberto Fernandez berbicara dalam konferensi pers bersama Perdana Menteri Spanyol Pedro Sanchez (tidak tampak di foto) di Istana Moncloa, di Madrid, Spanyol, 11 Mei 2021. (Foto: Reuters)

Presiden Argentina Alberto Fernandez, Rabu (9/6), menuai kehebohan di Twitter dan perdebatan ras regional dengan komentar yang tidak sensitif terhadap Perdana Menteri Pedro Sanchez yang sedang berkunjung dan hendak menekankan hubungan negara Amerika Selatan itu dengan Eropa.

"Orang Meksiko itu berasal dari orang Indian, orang-Brazil itu dari hutan, tetapi kami orang-orang Argentina datang dari kapal. Kapal-kapal itu datang dari Eropa," kata Fernandez, merujuk pada banyaknya migran Eropa yang tiba di negara itu.

Kantor berita Reuters melaporkan ia kemudian meminta maaf atas komentar tersebut dan mengatakan keragaman negaranya adalah sesuatu yang bisa dibanggakan.

Fernandez bermaksud mengutip Octavio Paz, pemenang Hadiah Nobel untuk Sastra, tetapi ia tampaknya mengambil ungkapan itu dari lagu musisi lokal Lito Nebbia, di mana dalam beberapa kesempatan Fernandez mengaku sebagai salah seorang pengagum Nebbia.

Komentar tersebut memicu tanggapan viral di media sosial, dengan banyak yang mengecam pemimpin beraliran kiri tengah itu karena tidak menunjukkan kepekaan rasial.

"Saya tidak bermaksud menyinggung siapa pun, dalam hal apa pun, siapa pun yang merasa tersinggung, saya meminta maaf," katanya di Twitter.

Media Brazil, Rabu (6/9), memuat pernyataan Fernandez dan banyak orang di media sosial bergurau bahwa Presiden sayap kanan, Jair Bolsonaro, akan senang membalas pemimpin sayap kiri Argentina itu, yang kerap tidak akur dengannya.

Eduardo Bolsonaro, seorang anggota kongres dan putra presiden Brazil itu, mengecam komentar tersebut sebagai "rasis" dan membalasnya dengan menyorot kesulitan ekonomi Argentina yang terjebak resesi sejak 2018.

"Saya bilang, kapal yang tenggelam itu milik Argentina," cuitnya di Twitter. [my/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG