Tautan-tautan Akses

Komedian Eddie Murphy akan Menerima Penghargaan Cecil B. DeMille di Golden Globes


Aktor dan komedian Eddie Murphy menerima penghargaan seumur hidup dalam ajang Critics' Choice Awards yang digelar di Santa Monica, California, pada 12 Januari 2020. (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP)
Aktor dan komedian Eddie Murphy menerima penghargaan seumur hidup dalam ajang Critics' Choice Awards yang digelar di Santa Monica, California, pada 12 Januari 2020. (Foto: Chris Pizzello/Invision/AP)

Komedian Hollywood Eddie Murphy akan menerima Penghargaan Cecil B. DeMille pada malam penganugerahan Golden Globes ke-80, ungkap Hollywood Foreign Press Association pada Rabu (14/12).

Penghargaan kehormatan bagi sang komedian sekaligus aktor itu akan ditayangkan pada siaran televisi Golden Globes, yang selama dua tahun terakhir dilanda skandal. Setelah tahun ini ajang penghargaan tersebut tidak ditayangkan, tahun depan NBC akan kembali menyiarkan malam penganugerahan penghargaan itu pada Selasa, 10 Januari mendatang, dengan pembawa acara komedian Jerrod Carmichael.

Dalam kontrak selama satu tahun dengan NBC, Golden Globes berusaha untuk bangkit kembali setelah penyelidikan Los Angeles Times pada awal 2021 menemukan bahwa asosiasi pers itu tidak memiliki anggota berkulit hitam dan memiliki sejarah panjang masalah etika. Akibatnya, banyak sineas dan studio yang akan memboikot acara itu, sehingga NBC pun membatalkan penayangannya pada 2022.


Film “The Banshees of Inisherin” dan “Everything Everywhere All at Once” memimpin perolehan nominasi pada ajang tersebut ketika pengumuman nominasi dibacakan pada Senin (12/12). Serial “Abbott Elementary” memuncaki raihan nominasi di kategori acara televisi.

Murphy sendiri sudan enam kali dinominasikan di Golden Globe dan memenangkan satu piala untuk penampilannya dalam film “Dreamgirls” (2016). Nominasi terakhirnya untuk kategori aktor terbaik dalam film komedi atau musikal diraihnya melalui film “Dolemite is My Name” pada tahun 2019.

Sebelum Murphy, peraih Penghargaan Cecil B. DeMille di antaranya Tom Hanks, Oprah Winfrey dan Meryl Streep. [rd/rs]

Forum

XS
SM
MD
LG