Tautan-tautan Akses

Komandan Irak: 300 Militan ISIS Masih Bertahan di Mosul


Letjen Sami al-Aridi dari pasukan khusus Irak, memberikan keterangan dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press di Mosul, Irak, Senin 9 Januari 2017. (Foto: dok).

Sekitar 300 militan ISIS masih bertahan di Mosul. Seorang komandan Irak mengatakan, Rabu (5/7), mereka bertahan di sebuah wilayah kecil di kawasan Kota Tua Mosul.

Letnan Jenderal Sami al-Aridi yang memimpin pasukan khusus Irak mengatakan kepada Associated Press, kawasan yang kini dikuasai ISIS di Mosul telah menyusut menjadi hanya 500 meter persegi. Sejumlah warga sipil diyakini terjebak di wilayah itu sementara sekitar 1.500 lainnya berhasil pergi mengungsi.

Pasukan Irak mengepung kawasan Kota Tua sebelum melancarkan serangan mereka untuk mencegah militan ISIS melarikan diri ke Suriah. Namun al-Aridi mengakui, ratusan militan berhasil meloloskan diri dari Kota Tua. Beberapa di antara mereka melarikan diri dengan mencukur jenggot mereka dan menyamar sebagai perempuan.

Selasa malam (4/7), PM Irak Haider al-Abadi menyampaikan ucapan selamat kepada angkatan bersenjata Irak untuk kemenangan besar yang mereka raih di Mosul, meski hingga kini masih terjadi bentrokan. PM tersebut Juni, lalu menyatakan berakhirnya kekalifahan kelompok ekstremis itu.

ISIS merebut Mosul dalam hitungan hari ketika menyerbu Irak bagian tengah dan Utara pada musim panas 2014. Pasukan Irak yang didukung koalisi pimpinan Amerika Serikat melancarkan operasi besar untuk menguasai kembali Mosul Oktober lalu. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG