Tautan-tautan Akses

AS

Komandan AS di Afghanistan: Kita dalam Kebuntuan


Jenderal John Nicholson, komandan AS di Afghanistan, bersaksi di Capitol Hill di Washington (9/2). (AP/J. Scott Applewhite)

Saat ini ada sekitar 8.400 tentara Amerika melakukan operasi melawan teror terhadap pemberontak dan melatih tentara Afghanistan.

Komandan militer senior Amerika hari Kamis (10/2) mengatakan diperlukan beberapa ribu tentara lagi untuk mengakhiri kebuntuan di Afghanistan. Ia juga memberi tahu anggota legislatif bahwa campur tangan Rusia memperumit perang melawan aksi teror.

Jenderal Angkatan Darat John Nicholson, komandan pasukan Amerika di Afghanistan tidak memberi angka pasti pasukan tambahan yang diperlukan kepada Komite Angkatan Bersenjata Senat.

Tapi ia mengatakan tambahan pasukan itu bisa dari Amerika atau negara lainnya dalam koalisi pimpinan Amerika di Afghanistan di mana perang itu sekarang sudah berlangsung 16 tahun.

Ia mengatakan tambahan itu diperlukan untuk melatih dan memberi saran yang baik pada militer Afghanistan dan melakukan tugas yang sekarang ditangani oleh para kontraktor.

Saat ini ada sekitar 8.400 tentara Amerika melakukan operasi melawan teror terhadap pemberontak dan melatih tentara Afghanistan.

Nicholson juga mengatakan ia sudah membicarakan jumlah tentara yang diperlukan dengan Menteri Pertahanan Jim Mattis dan Jenderal Joseph Dunford, ketua gabungan kepala staf.

Ia menambahkan yakin pemerintahan Trump akan terbuka pada jumlah berdasarkan kebutuhan dari pada jumlah yang sudah ditentukan sebelumnya. [my/al]

XS
SM
MD
LG