Tautan-tautan Akses

Kolombia Umumkan Penyitaan Kokain 12 Ton


Presiden Kolombia Juan Manuel Santos terlihat bersama barang sitaan lebih dari 12 ton kokain di Apartado, Kolombia, 8 November 2017.

Presiden Kolombia Juan Manuel Santos, Rabu (9/11) mengumumkan bahwa polisi baru-baru ini menyita 12 ton kokain, jumlah terbesar kokain yang disita dalam satu operasi selama ini di Kolombia.

Kokain itu ditemukan disimpan di bawah tanah dalam penggerebekan di empat lahan pertanian di kawasan perkebunan pisang di distrik Antioquia, Kolombia Barat laut. Polisi memperkirakan kokain sitaan itu bernilai sekitar 360 juta dolar.

Presiden Santos mengaitkan kokain sitaan tersebut dengan Dairo Antonio Uusuga, juga dikenal sebagai "Otoniel," yang diidentifikasi sebagai pemimpin Klan Teluk, geng penjual narkoba terbesar di Kolombia. Amerika telah menjanjikan imbalan 5 juta dolar bagi penangkapannya, hidup atau mati.

Kolombia adalah salah satu produsen utama kokain dunia. Kantor Narkoba dan Kejahatan PBB memperkirakan Kolombia memproduksi sekitar 866 ton kokain pada tahun 2016. Polisi telah menyita 362 ton kokain sepanjang tahun ini. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG