Tautan-tautan Akses

Koki Selebriti Anthony Bourdain Meninggal Dunia


Koki selebriti Amerika, Anthony Bourdain, pembawa acara serial televisi CNN "Parts Unknown", meninggal dunia dalam usia 61 tahun. (Foto: dok).

Koki selebriti Amerika Anthony Bourdain, yang menjadi pembawa acara serial televisiCNN yang berfokus pada makanan dan perjalanan, Parts Unknown, meninggal dunia dalam usia 61 tahun, demikian kantor berita Reuters mengutip CNN, hari Jumat (8/6).

Bourdain tewas gantung diri, sebut CNN dalam suatu pernyataan. Ia ditemukan tewas di sebuah kamar hotel di Strasbourg, Perancis, di mana ia sedang menggarap episode mendatang programnya.

Bourdain adalah orang terkenal Amerika kedua yang bunuh diri dalam pekan ini. Desainer Kate Spade, yang membangun kerajaan fashion dengan tas-tas khasnya, ditemukan tewas akibat bunuh diri di apartemennya di New York, hari Selasa (5/6).

Tingkat bunuh diri meningkat di hampir semua negara bagian di Amerika Serikat dari tahun 1999 hingga 2016, demikian data yang dilansir oleh Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) hari Kamis (7/6). Hampir 45 ribu orang bunuh diri pada tahun 2016, menjadikan bunuh diri sebagai satu dari tiga penyebab utama kematian di Amerika Serikat, selain karena penyakit Alzheimer’s dan overdosis narkoba.

Sosok Bourdain mulai melejit pada tahun 1999, sewaktu majalah the New Yorker menerbitkan artikelnya, Don’t Eat Before Reading This, yang kemudian ia tulis menjadi buku berjudul Kitchen Confidential: Adventures in the Culinary Underbelly yang diterbitkan tahun 2000.

Ia kemudian menjadi pembawa acara sejumlah program televisi, pertama-tama di Food Network and the Travel Channel, sebelum bergabung dengan CNN pada tahun 2013.

“Kecintaannya pada petualangan seru, teman baru, makanan dan minuman enak serta kisah-kisah dunia yang luar biasa membuatnya menjadi seorang tukang cerita yang unik,” sebut CNN dalam pernyataannya.

Menurut laporan CDC, kasus bunuh diri melonjak di kalangan orang-orang berusia 45 hingga 64 tahun. CDC merekomendasikan pendekatan meluas untuk mencegah bunuh diri, termasuk di antaranya dengan meningkatkan bantuan ekonomi oleh pemerintah negara bagian, membantu keluarga dan teman setelah ada kasus bunuh diri, serta mengidentifikasi dan membantu mereka yang berisiko bunuh diri. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG