Tautan-tautan Akses

Kinerja Presiden Trump pada KTT G20 Tuai Reaksi Beragam


Presiden AS, Donald Trump, dan ibu negara Melania Trump menaiki Air Force One dalam perjalanan kembali ke Washington, dari Bandara Internasional Hamburg, Jerman, 8 Juli 2017 (foto: REUTERS/Carlos Barria)

Donald Trump dan pembantu-pembantunya hari Minggu menilai perjalanan itu "sukses luar biasa" sementara kepala Staf Gedung Putih Reince Priebus mengatakan presiden "menjadi bintang" KTT G20 di Hamburg, Jerman.

Beberapa jam setelah kembali dari lawatan kedua ke luar negeri sebagai presiden, Donald Trump dan pembantu-pembantunya hari Minggu menilai perjalanan itu "sukses luar biasa." Dalam acara televisi "Fox News Sunday," kepala Staf Gedung Putih Reince Priebus mengatakan presiden "menjadi bintang" KTT G20 di Hamburg, Jerman.

Trump memimpin penilaian itu, mengirim serangkaian cuitan di Twitter yang menyoroti beberapa pencapaian, termasuk gencatan senjata di Suriah yang "akan menyelamatkan nyawa," dan mencatat bahwa ia memegang teguh sanksi terhadap Rusia dalam pembicaraannya dengan Presiden Vladimir Putin.

"Sanksi tidak dibahas dalam pertemuan saya dengan Presiden Putin," tulis Trump. "Tidak akan ada yang dilakukan sampai masalah Ukraina & Suriah diselesaikan!"

Sebelumnya, Trump mengunggah pernyataan mantan kandidat presiden dari Partai Republik Bob Dole, yang menilai pidato presiden di Polandia "akan abadi selama ratusan tahun," dan menambahkan: "Orang Amerika harus bangga karena pulihnya kepemimpinan yang kuat." [ka]

XS
SM
MD
LG