Tautan-tautan Akses

Kim Jong Un: Korea Utara Ingin Jadi Negara Kekuatan Nuklir Terbesar di Dunia


Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, kanan tengah, dan putrinya, kiri tengah, setelah peluncuran rudal balistik antarbenua Hwasong-17, di lokasi tak dikenal di Korea Utara. (Foto: via AP)

Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un mengatakan tujuan utama negaranya adalah memiliki kekuatan nuklir paling kuat di dunia. Hal itu ia sampaikan ketika sedang menaikkan jabatan para perwira militer yang terlibat dalam peluncuran rudal balistik terbesar Korea Utara baru-baru ini, kata laporan media pemerintah pada Minggu (27/11).

Pengumuman itu disampaikan setelah Kim menginspeksi uji coba rudal balistik antarbenua (ICBM) Hwasong-17 yang baru di negara itu. Dan ia berjanji akan membalas ancaman nuklir AS dengan senjata nuklir pada 18 November.

Membangun kekuatan nuklir adalah untuk melindungi martabat dan kedaulatan negara dan rakyat, dan "tujuan utamanya adalah memiliki kekuatan strategis paling berpengaruh di dunia, kekuatan absolut yang tak terkalahkan pada abad ini," kata Kim dalam pidatonya.

Ia menyebut Hwasong-17 sebagai "senjata strategis terkuat di dunia" dan mengatakan senjata itu menunjukkan keteguhan dan kemampuan Korea Utara untuk membangun militer terkuat di dunia.

Peluncuran rudal, yang mampu mencapai daratan AS itu, memicu AS untuk menyerukan Dewan Keamanan PBB untuk meminta pertanggungjawaban Korea Utara atas uji coba rudalnya, sesuatu yang dilarang oleh resolusi PBB. [vm/ft]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG