Tautan-tautan Akses

Korut Langsungkan Uji Misil Jelang Kedatangan Wapres AS ke Korsel


Layar TV menayangkan berita tentang peluncuran rudal Korea Utara di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, 28 September 2022.
Layar TV menayangkan berita tentang peluncuran rudal Korea Utara di Stasiun Kereta Api Seoul di Seoul, Korea Selatan, 28 September 2022.

Korea Selatan mengatakan Korea Utara telah menembakkan misil balistik ke arah perairan timurnya sehari sebelum kunjungan Wakil Presiden AS Kamala Harris.

Kepala Staf Gabungan Korea Selatan mengatakan misil itu diluncurkan Rabu (28/9) tetapi tidak memberikan rincian lebih lanjut.

Ini adalah misil kedua yang diluncurkan oleh Korea Utara pekan ini.

Harris akan mengunjungi zona demiliterisasi yang memisahkan Korea saingan selama kunjungannya ke Korea Selatan.

Peluncuran itu juga dilakukan saat kapal-kapal angkatan laut AS dan Korea Selatan melakukan latihan di lepas pantai timur Semenanjung Korea.

Korea Utara semakin meningkatkan frekuensi uji misilnya pada 2022. Telah lebih dari 30 misil diujicobakan sepanjang tahun ini, termasuk misil balistik antarbenua pertamanya dalam hampir lima tahun.

Para ahli mengatakan, kegiatan Korea Utara ini menegaskan niatnya untuk memajukan persenjataan, dan memaksa Amerika Serikat untuk mengakui bahwa Korea Utara sebagai kekuatan nuklir sehingga memiliki posisi yang lebih kuat saat menegosiasikan konsesi ekonomi dan keamanan. [ab/uh]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG