Tautan-tautan Akses

Kim Jong-un di Rusia untuk Bertemu Putin


Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (tengah) disambut oleh gadis-gadis berpakaian tradisional Rusia setibanya di stasiun kereta Khasan di wilayah Primorye, Rusia, Rabu, 24 April 2019.
Pemimpin Korea Utara, Kim Jong-un (tengah) disambut oleh gadis-gadis berpakaian tradisional Rusia setibanya di stasiun kereta Khasan di wilayah Primorye, Rusia, Rabu, 24 April 2019.

Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah tiba di wilayah timur jauh Rusia untuk melangsungkan pertemuan pertamanya dengan Vladimir Putin, yang menurut Kim langkah awal menuju hubungan yang lebih dekat dengan Moskow.

Mengenakan topi hitam dan jas panjang dengan warna senada, Kim yang tersenyum disambut para pejabat Rusia dan pertunjukan musik yang digelar band militer, Rabu (24/4), setibanya di kota pelabuhan Vladivostok.

Pemimpin Korea Utara ini melakukan perjalanan singkat ke Vladivostok dengan menggunakan kendaraan khususnya, kereta lapis baja berwarna hijau dan kuning.

Pada perhentian awalnya di kota perbatasan Khasan, Kim mengatakan, perjalanannya ke Rusia ini bukanlah yang terakhir. Menurut sejumlah pejabat Rusia, Kim mengatakan, kunjungannya ini merupakan langkah pertama menuju hubungan Rusia-Korea Utara yang lebih baik.

Pada pertemuan tingkat tinggi, Kamis, Kim diperkirakan akan mendesak Putin untuk memberikan bantuan ekonomi, khususnya untuk meringankan Pyongyang akibat sanksi-sanksi internasional yang masih diberlakukan menyusul kegagalan pembicaraan nuklir dengan AS.

KTT dengan Putin merupakan pertemuan Kim terkini yang banyak mendapat sorotan. Sejak menjadi pemimpin Korea Utara pada 2011, Kim baru tahun lalu melakukan pertemuan dengan para pemimpin dunia. Ia bertemu Presiden AS Donald Trump dua kali, Presiden Korea Selatan Moon Jae-in tiga kali, Presiden China Xi Jinping empat kali, dan Presiden Vietnam Nguyen Phu Trong sekali. [ab]

XS
SM
MD
LG