Tautan-tautan Akses

Ketua Parlemen Zimbabwe: Presiden Mugabe Mundur


Jacob Mudenda (tengah atas), ketua parlemen Zimbabwe menghentikan proses pemakzulan dengan mengatakan telah menerima surat pengunduran diri Presiden Robert Mugabe “yang berlaku segera”, dalam pengumuman di Harare, Selasa (21/11).

Sorak-sorai tak tertahankan lagi ketika ketua parlemen Zimbabwe mengumumkan pengunduran diri Presiden Robert Mugabe.

Associated Press melaporkan ketua parlemen menghentikan proses pemakzulan dengan mengatakan telah menerima surat pengunduran diri Mugabe “yang berlaku segera”.

Presiden Mugabe mengatakan ia mengundurkan diri segera dan secara sukarela supaya terjadi “perpindahan kekuasaan yang mulus” setelah berkuasa selama 37 tahun.

Setelah surat pengunduran diri tokoh berusia 93 tahun ini dibacakan, anggota parlemen bersorak-sorai dan menari.

Pengunduran diri ini merupakan akhir beberapa peristiwa luar biasa, diawali dengan pergerakan militer yang marah karena pemecatan Wakil Presiden Emmerson Mnangagwa dan pengangkatan ibu negara yang tidak disukai, Grace Mugabe, ke posisi untuk menggantikannya.

Beberapa hal yang mendorong tindakan pemakzulan terhadapnya mencakup bahwa Mugabe “mengizinkan istrinya mengambilalih kekuasaan konstitusional’’, ‘’sudah berusia lanjut’’ dan tidak mampu lagi untuk memerintah.

Mugabe juga dituduh mengizinkan Grace Mugabe mengancam untuk membunuh Mnangagwa dan pejabat-pejabat lain. [em/al]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG