Tautan-tautan Akses

Ketua Parlemen Inggris Blokir Pemungutan Suara atas Persetujuan Brexit


Ketua Parlemen Inggris John Bercow berbicara di parlemen dalam debat Brexit (19/10).
Ketua Parlemen Inggris John Bercow berbicara di parlemen dalam debat Brexit (19/10).

Ketua Parlemen Inggris John Bercow Senin (21/10) memblokir Parlemen melakukan pemungutan suara atas persetujuan Brexit yang baru dicapai PM Boris Johnson dengan Uni Eropa. Ini merupakan kemunduran terbaru yang diderita PM Boris Johnson dalam perjuangannya untuk memimpin INggris keluar dari Uni Eropa.

Parlemen Inggris gagal mendukung rencana eksit Johnson pada Sabtu, dan Bercow mengatakan, usaha untuk melakukan pemungutan suara baru “tidak akan diperdebatkan hari ini karena itu berarti mengulang-ulang dan tidak tertib.”

Johnson minggu lalu berhasil mencapai persetujuan dengan 27 negara Uni Eropa, tetapi parlemen menunda dukungan mereka untuk persetujuan itu sampai UU yang menguraikan persyaratan pemisahan Inggris dari Uni Eropa disetujui.

Johnson merencanakan mengusulkan langkah Brexit yang utama dari pemerintah pada Senin sore, disusul lebih banyak perdebatan dan pemungutan suara pada Selasa. Tetapi penentang Brexit mengatakan, mereka akan mencoba untuk menggagalkan rencana Johnson itu dengan amandemen sehingga pendukung Brexit tidak bisa menerimanya.

Tidak jelas apakah pemerintah punya suara dukungan cukup atau waktu untuk memberlakukan UU itu sebelum Inggris keluar dari Uni Eropa pada 31 Oktober. (jm/nm)

Recommended

XS
SM
MD
LG