Tautan-tautan Akses

UE, Inggris Intensifkan Pembicaraan tentang Kesepakatan Brexit


Perdana Menteri Irlandia (Taoiseach) Leo Varadkar melambaikan tangannya kepada wartawan saat bertemu dengan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson di Dublin, Irlandia, 9 September 2019. (Foto: dok).

Uni Eropa menyatakan telah bersepakat dengan Inggris untuk “mengintensifkan” perundingan Brexit dalam upaya mencapai kesepakatan mengenai hal itu menjelang 31 Oktober, pada waktu Inggris dijadwalkan meninggalkan blok tersebut.

Pengumuman Uni Eropa itu muncul setelah Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk menyatakan ke-27 negara anggota akan melakukan upaya lainnya untuk mencapai kesepakatan, menyusul pertemuan yang konstruktif antara PM Inggris Boris Johnson dan sejawatnya dari Irlandia, Leo Varadkar.

Perunding Uni Eropa Michel Barnier dan Menteri urusan Brexit Inggris, Stephen Barclay telah meletakkan landasan bagi pembicaraan intensif itu sebelumnya, Jumat (11/10).

Hari Senin, Uni Eropa kembali akan melakukan evaluasi untuk menilai peluang tercapainya kesepakatan Brexit itu.

Para ekonom menyatakan Brexit yang tidak disertai dengan kesepakatan akan sama-sama merugikan ekonomi Inggris dan Uni Eropa. [uh/lt]

Lihat komentar (3)

Forum ini telah ditutup.

Recommended

XS
SM
MD
LG