Tautan-tautan Akses

AS

Ketua DPR AS: Trump Minta Dimakzulkan


Presiden Donald Trump berbicara kepada wartawan di Gedung Putih, Washington, 14 Mei 2019.

Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi, Kamis (23/5), mengatakan Presiden Donald Trump ingin pihak oposisi Demokrat memulai proses pemakzulan dirinya. Sejauh ini hal itu belum diupayakan.

Katanya, “beberapa penyelidikan yang sedang berlangsung oleh DPR yang dikuasai Demokrat, bisa mengantarkan kita ke proses pemakzulan, tetapi saat ini hal itu belum terjadi.”

Sebanyak 36 anggota Demokrat dan satu dari Republik dalam majelis beranggotakan 435 itu telah menyerukan bagi dimulainya proses pemakzulan presiden. Namun, seandainya DPR pada akhirnya memulai proses itu, kecil kemungkinan Senat, yang dikuasai Republik, akan memecat Presiden.

Tetapi Pelosi mengatakan, pemakzulan adalah hal yang dia ingin kami lakukan terhadap dirinya.

Kata Nancy Pelosi, Demokrat akan menelusuri “fakta-fakta” saat mengumpulkan informasi tentang keuangan Trump, masa jabatan presidennya selama 28 bulan, serta hasil penyelidikan Robert Mueller, dan apakah Trump berupaya menghambat penyelidikan itu.

Nancy Pelosi berharap Trump baik-baik saja, tetapi berpendapat, pejabat pemerintahannya dan keluarganya harus melakukan intervensi terhadap dirinya demi kebaikan negara. [jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG