Tautan-tautan Akses

AS

Kerusuhan di Minnesota: Tersangka Polisi Hadapi Tuntutan Pembunuhan


Kim Potter, tersangka polisi yang menembak Dante Wright, pengemudi mobil berkulit hitam (foto: dok).

Jaksa Minnesota hari Rabu (14/4) mengatakan ia akan mengajukan tuntutan pembunuhan tingkat dua terhadap seorang mantan polisi Brooklyn Center yang menembak mati pengemudi mobil berkulit hitam Daunte Wright ketika menghentikan kendaraannya hari Minggu lalu (11/4).

Jaksa Washington County Black Orput mengumumkan tuntutan yang berpotensi membuat tersangka dijatuhi hukuman 10 tahun penjara.

Insiden ini terjadi di distrik Hennepin, tetapi berdasarkan kebijakan yang diadopsi di Minnesota tahun lalu, kasus itu dirujuk ke distrik lain untuk menghindari konflik kepentingan.

Pengumuman itu disampaikan sehari setelah Kim Potter, polisi yang menembak Dante Wright, mengundurkan diri dari Departemen Kepolisian Brooklyn Center di mana ia telah mengabdi selama 26 tahun.

Kepala Kepolisian Brooklyn Center Tim Gannon juga mengundurkan diri hari Selasa (13/4).

Dalam konferensi pers hari Senin (12/4) Gannon merilis video dari kamera tubuh atau body-camera yang digunakan Potter. Video itu menunjukkan bagaimana Potter – yang berkulit putih – mendekati Wright, laki-laki kulit hitam berusia 20 tahun, yang ketika itu berdiri di samping mobilnya sementara beberapa polisi lain menahannya karena adanya beberapa surat perintah penangkapan dirinya.

Polisi mengatakan kendaraan yang dikemudikan Wright dihentikan polisi karena tanda registrasi yang sudah kedaluarsa.

Gannon mengatakan pada wartawan, ia yakin Potter menembak Wright dengan senjata api yang dikiranya sebagai Taser. Taser adalah senjata kejut listrik tidak mematikan yang bertujuan untuk melumpuhkan target dengan sengatan listrik, sehingga dapat memungkinkan target untuk didekati dan diatasi secara aman.

Dalam sebuah laporan, Pemeriksa Medis Kabupaten Hennepin – yang memeriksa jenazah korban – mengatakan Wright meninggal karena luka tembak di dada dan mengklasifikasikan kematiannya sebagai pembunuhan.

Tuntutan terhadap Potter diumumkan setelah bentrokan antara demonstran dan polisi selama tiga malam berturut-turut. Pihak berwenang di Minneapolis telah menetapkan jam malam mulai jam 10 malam agar orang tidak lagi berada di jalan, tetapi ratusan orang tetap berkumpul di luar markas polisi di pinggiran kota Brooklyn Center menyerukan keadilan bagi Wright.

Polisi memerintahkan kerumunan massa untuk membubarkan diri dan ketika massa melemparkan benda-beda ke arah polisi, mereka terpaksa menggunakan granat gas dan granat yang mengeluarkan suara sangat keras sehingga menyebabkan orang kehilangan kesadaran sejenak. [em/jm]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG