Tautan-tautan Akses

Kepolisian Swedia Bantu Polisi Denmark Cari Wartawati yang Hilang


Kubah dari kapal selam UC3 Nautilus yang dibangun secara pribadi yang baru-baru ini tengelam tampak di sisi kapal penyelamat selama operasi yang dilaksanakan sehubungan dengan sebuah investigasi kejahatan di Selat Oeresund dekat Kopenhagen, Denmark (foto: Jacob Ehrbahn/Ritzau Foto via AP)

Kepolisian Swedia mengatakan mereka akan membantu polisi Denmark mencari seorang wartawati Swedia yang hilang yang kabarnya keluar dari kapal selam buatan amatir sehari sebelum kapal itu tenggelam.

Jurubicara polisi Mattian Sigfridsson mengatakan polisi Swedia akan menyediakan “unsur apapun” mengenai orang dan tempat yang dapat berguna bagi para penyidik di Denmark, tetapi tidak mau memberi keterangan lebih jauh.

Sigfridsson mengatakan hari Selasa penyelidikan utama adalah di Denmark, dimana para penyidik terus mencari wartawati Kim Wall yang berusia 30 tahun, yang ditugaskan membuat laporan mengenai kapal selam UC3 Nautilus milik Peter Madsen warga Denmark yang bekerja sebagai pencipta. Ia berhasil menyelematkakan diri pada saat terakhir dari kapal itu ketika sedang tenggelam hari Jumat dan telah membantah tanggung jawab atas nasib Wall. Madsen ditangkap atas tuduhan awal pembunuhan yang tidak disengaja.

Kepolisian Denmark tetap tidak membicarakannya tetapi tersangka Madsen sengaja menenggelamkan kapal selam itu. [gp]

XS
SM
MD
LG