Tautan-tautan Akses

Kepala Program Vaksin AS Harapkan Vaksin Tersedia Desember


Kepala program vaksin Amerika, Dr. Moncef Slaoui (kanan) bersama Presiden AS Donal Trump (foto: dok).
Kepala program vaksin Amerika, Dr. Moncef Slaoui (kanan) bersama Presiden AS Donal Trump (foto: dok).

Kepala program vaksin Amerika Dr. Moncef Slaoui hari Jumat (13/11) mengatakan ia memperkirakan akan tersedia cukup vaksin bagi 20 juta orang Amerika pada Desember.

"Kami berencana memiliki cukup dosis vaksin bagi populasi Amerika untuk mengimunisasi sekitar 20 juta orang pada Desember dan kemudian 25 juta hingga 30 juta per bulan," kata Slaoui yang mengepalai Operation Warp Speed, upaya pemerintahan Trump meningkatkan pengembangan vaksin.

Slaoui mengumumkan itu pada konferensi pers di Gedung Putih di mana Presiden Trump mengatakan ia berharap vaksin virus corona tersedia untuk seluruh populasi sedini April, di tengah lonjakan penularan baru dengan kasus harian mencatat rekor tertinggi.

Awal pekan ini, vaksin percobaan 22UAy.f yang dikembangkan bersama produsen obat Amerika Pfizer dan perusahaan farmasi Jerman BioNTech terbukti ampuh lebih dari 90% berdasarkan hasil uji coba pertama tahap akhir, kata kedua perusahaan itu.

Pfizer berharap melaporkan data keselamatan yang diperlukan minggu depan dan kemudian akan mengajukan izin penggunaan darurat vaksin tersebut.

Produsen obat Inggris AstraZeneca, yang bekerja sama dengan Oxford University, berharap melaporkan data uji coba tahap akhir vaksin COVID-19 juga sebelum akhir tahun.[ka/pp]

XS
SM
MD
LG