Tautan-tautan Akses

Pemindai Gagal Uji, Kepala Keamanan Bandara AS Dipecat


Petugas keamanan bandara AS mengamati seorang penumpang melewati alat pemindai (foto: dok).
Petugas keamanan bandara AS mengamati seorang penumpang melewati alat pemindai (foto: dok).

Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson Selasa (2/6) mengatakan ia telah memindahkan pejabat keamanan bandara, Melvin Carraway, ke posisi lain.

Direktur Sementara Badan Keamanan Bandara Amerika TSA telah diberhentikan dari jabatannya setelah beberapa agen yang menyamar dengan membawa bahan peledak palsu dan senjata api tidak terdeteksi di pos-pos pemeriksaan keamanan. Enam puluh tujuh dari 70 uji coba yang dilakukan agen-agen tersebut tidak terdeteksi oleh petugas keamanan.

Menteri Keamanan Dalam Negeri Jeh Johnson mengatakan ia telah memindahkan pejabat keamanan bandara, Melvin Carraway, ke posisi lain di dalam Departemen Keamanan Dalam Negeri. Johnson mengumumkan Wakil Direktur TSA Mark Hatfield menggantikan Carraway sebagai direktur sementara yang baru.

Johnson menolak merinci hasil uji pemeriksaan keamanan baru-baru ini tetapi mengatakan ia menilai hal itu sebagai “sesuatu yang sangat serius”.

Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Jeh Johnson memberikan keterangan kepada media (foto: dok).
Menteri Keamanan Dalam Negeri AS, Jeh Johnson memberikan keterangan kepada media (foto: dok).

ABC News mengatakan pemeriksaan atas kegiatan TSA itu menemukan banyak kekurangan dalam bidang keamanan di sejumlah bandara tersibuk di Amerika.

Dalam satu peristiwa, seorang agen yang menyamar ditahan sebentar karena ia mematikan alarm di sebuah pos pemeriksaan. Tetapi petugas keamanan gagal menemukan bahan peledak palsu yang dilekatkan pada punggungnya.

Johnson memerintahkan pelatihan baru bagi agen-agen pemeriksaan keamanan dan pengujian ulang alat-alat pemindai yang digunakan di bandara-bandara Amerika. Ia menambahkan uji pemeriksaan keamanan secara acak akan tetap dilanjutkan.

XS
SM
MD
LG