Tautan-tautan Akses

Kepala HAM PBB Minta Dana $452 Juta untuk Melindungi dan Membela HAM


Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR), Volker Türk, berbicara di Jenewa (foto: dok).
Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB (OHCHR), Volker Türk, berbicara di Jenewa (foto: dok).

Kepala Kantor Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia (OHCHR), Volker Türk, hari Jumat (20/1) mengajukan permohonan dana sebesar $452 juta untuk membiayai pekerjaan penting badan itu dalam upaya melindungi dan membela hak asasi manusia di seluruh dunia tahun ini. 

Jabatan komisaris tinggi OHCHR adalah penjaga dan pembela hak asasi manusia. Badan ini merupakan pemantau pelecehan dan kekerasan secara global. Dengan tugas itu, OHCHR menyoroti dan menekan pelanggar hak asasi manusia sehingga terjadi perubahan pada perilaku yang buruk.

Dalam seruannya kepada para donor, kepala hak asasi manusia PBB Volker Türk mencatat tidak akan ada perdamaian yang tahan lama atau pembangunan yang berkelanjutan tanpa hak asasi manusia. Dia menyatakan pentingnya menghidupkan hak asasi manusia di setiap bagian dunia untuk meraih stabilitas dan mencapai keadilan.

“Kita perlu menuntut tindakan—secara global, regional, dan domestik—agar kita dapat mengatasi ketidaksetaraan, memperkuat perlindungan sosial, menghilangkan diskriminasi dalam bentuk apa pun dan akar penyebab konflik lainnya, serta mengatasi krisis lingkungan dan penderitaan,” ujar Türk.

Kantor komisaris tinggi HAM PBB memiliki tugas yang sulit. Ada banyak krisis hak asasi manusia yang mengerikan yang perlu ditangani. Krisis itu termasuk invasi Rusia ke Ukraina, protes yang menelan korban jiwa di Iran, penahanan berkelanjutan lebih dari satu juta Muslim Uighur di apa yang disebut kamp pendidikan ulang di wilayah Xinjiang, China, dan pemberontakan Islamis di wilayah Sahel Afrika.

Türk menekankan sangat pentingnya perlindungan hak asasi manusia dalam memerangi berbagai masalah tersebut. Dia mengatakan bahwa hak asasi manusia adalah inti dari piagam PBB dan memandu prinsip dan tujuan badan dunia itu.

“Kita tahu sekarang, lebih dari sebelumnya, kita membutuhkan hak asasi manusia untuk menjaga stabilitas dunia dan memberi kita peta jalan untuk masa depan yang lebih baik sebagai bagian dari inisiatif Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia (Universal Declaration of Human Rights/UDHR) 75 dan seterusnya,” tukasnya.

Kepala HAM PBB Minta Dana $452 Juta untuk Membela Hak Asasi Manusia
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:53 0:00

Tahun ini adalah peringatan 75 tahun Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia atau UDHR. Komisaris Tinggi Türk mengatakan dia berencana menggunakan peringatan ini untuk menghidupkan isi dari dokumen penting itu.

Dia mendesak para donor agar mendukung permohonannya untuk pendanaan tersebut sehingga kantornya dapat memperkuat kemampuannya untuk memberikan masa depan yang lebih baik bagi semua warga dunia. [lt/jm]

Forum

XS
SM
MD
LG