Tautan-tautan Akses

Kementerian Kominfo Blokir 11 Situs Radikal Teroris


Menkominfo Rudiantara menjelaskan soal 11 situs radikal teroris yang di blokir Pemerintah di kantor Kemenko Polhukam Jumat, 15/1 (VOA/Andylala).
Menkominfo Rudiantara menjelaskan soal 11 situs radikal teroris yang di blokir Pemerintah di kantor Kemenko Polhukam Jumat, 15/1 (VOA/Andylala).

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara menghimbau agar masyarakat tidak meneruskan sebuah informasi yang belum tentu kebenarannya, khususnya yang berkaitan dengan isu radikalisme dan terorisme.

Pasca serangan bom bunuh diri dan di Pos Polisi di depan Gedung Sarinah dan kafe Starbucks di Gedung Skyline, di Jalan MH Thamrin Jakarta Pusat, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) memblokir 11 situs beraliran radikal.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara di kantor Kementerian Politik Hukum dan Keamanan Jakarta Jumat (15/1) menjelaskan bahwa penutupan 11 situs radikal itu dilakukan beberapa saat setelah aksi serangan teroris.

"Ada laporan masyarakat, terakhir ada 11 situs yang kami tutup ya. Karena masuk kategori radikalisme. Kita tutup setelah aksi pengeboman itu," ungkapnya.

Rudiantara mengatakan sejumlah situs tersebut lebih banyak berasal dari Indonesia dengan alamat co.id dan penyedia blog gratis, namun ada sebagian juga yang berasal dari luar negeri. Rudiantara menambahkan, ada tim khusus yang diluar Kementerian Kominfo untuk memantau situs-situs yang dianggap meresahkan masyarakat hingga radikal.

"Website lebih mudah, karena bisa dari laporan masyarakat. Tapi kalau media sosial biasanya mereka hit and run. Jadi ada tim yang dikatakan tidak di Kominfo. Karena Kominfo lebih fokus pada pengaduan masyarakat. Kami berikan jalur khusus kepada aparat keamanan. Kalau yang kaitan radikalisme terorisme itu tidak memberitahu kapan mau terjadi dan di mana terjadinya, jadi harus ada jalur khusus," paparnya.

Rudiantara menghimbau kepada masyarakat agar tidak meneruskan sebuah informasi yang belum tentu kebenarannya. Apalagi yang berkaitan dengan isu radikalisme dan terorisme.

Rudiantara menambahkan, "Saya harapkan kepada masyarakat, jangan mudah untuk mem-forward informasi yang barangkali belum akurat. Yang malah nanti membuat masyarakat bingung, ini benar atau tidak. Belum tentu itu benar, atau malah hoax. Timbang-timbang, walaupun itu dari teman atau saudara. Dengan kita berpikir mengenai konten-nya itu, kita akan mengurangi 1 orang bingung dengan sebuah informasi yang kita kirim."

Di antara ke 11 situs radikal itu ada situs www.bahrunnaim.com yang diduga milik Bahrunnaim warga negara Indonesia seorang simpatisan negara Islam Irak Suriah (ISIS) yang bermukim di Suriah. Bahrunnaim ini menurut kepolisian diduga berada di balik aksi teror bom bunuh diri dan penembakan di kawasan jalan Thamrin Jakarta.

Situs lainnya yang sudah diblokir yaitu:

- www.dawlaislamiyyah.wordpress.com

- www.keabsahankhilafah.blogspot.co.id

- www.khilafahdaulahislamiyyah.wordpress.com

- www.tapakrimba.tumbler.com

- www.thoriquna.wordpress.com

- www.tauhidjihad.blogspot.co.id

- www.gurobabersatu.blogspot.co.id

- www.bushro2.blogspot.co.id

- www.mahabbatiloveislam.blogspot.co.id

- www.azzam.in

Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan Luhut Binsar Pandjaitan mengapresiasi gerak cepat yang dilakukan kepolisian dan aparat terkait lainnya dalam penanganan peristiwa serangan aksi teroris ini.

"Kemajuan sangat banyak, dan kita menangkap sampai saat ini ada beberapa belas orang (terduga teroris). Dan cukup banyak kemajuan. Dan kita mendapat beberapa peralatan (barang bukti)," ujar Luhut. [aw/ds]

Recommended

XS
SM
MD
LG