Tautan-tautan Akses

Kembar Siam Bangladesh Berhasil Dipisahkan


Foto kembar siam dari Bangladesh Rabeya dan Rukaya saat di Budapest untuk membpersiapkan operasi yang dilakukn di Dhaka. Foto diambil pada 5 Januari 2019 dan dirilis oleh LSM Action for Defenceless People Foundation (ADPF) pada 2 Agustus. (Foto: AFP)

Anak kembar siam Bangladesh yang tersambung pada kepalanya berhasil dipisahkan pada Jumat 2/8) dalam operasi rumit yang berlangsung selama 30 jam di rumah sakit Dhaka.

Rabeya dan Rukaya, yang kini berumur tiga tahun itu, dilahirkan dalam keadaan kepala mereka tersambung. Para dokter memperkirakan kelahiran seperti itu hanya terjadi satu dalam lima sampai enam juta kelahiran.

Dr. Andras Csokay dari Hongaria dan timnya yang mengoperasi kedua anak itu mengatakan “keadaan kedua anak itu stabil setelah pemisahan.”

Dr. Andras Csokay adalah ahli bedah syaraf yang bekerja untuk yayasan amal Hongaria bagi orang-orang miskin.

Dr. Csokay memimpin tim yang terdiri dari 35 orang dokter dan pakar Hongaria yang telah menyiapkan pemisahan kedua anak itu sejak tahun lalu.

Dalam operasi yang diadakan tahun lalu itu, pembuluh darah yang terhubung dengan otak kedua anak itu berhasil dipisahkan. [ii/ft]

Lihat komentar (1)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG