Tautan-tautan Akses

Kematian Overdosis Obat di AS 2017 Melonjak Hampir 72 Ribu


Suntikan-suntikan berisi obat pereda nyeri, Fentanyl, di sebuah apotek untuk pasien rawat inap, 1 Juni 2018.
Suntikan-suntikan berisi obat pereda nyeri, Fentanyl, di sebuah apotek untuk pasien rawat inap, 1 Juni 2018.

Kematian karena overdosis obat-obatan di AS melonjak menjadi hampir 72 ribu pada tahun lalu. Lonjakan angka kematian overdosis obat karena pecandu makin banyak beralih ke opioid sintetis fentanyl yang sangat keras, seiring dengan pengetatan pasokan obat penghilang rasa sakit dengan resep.

Perkiraan baru dari Pusat Pencegahan Penyakit AS (CDC), Kamis (23/8), menunjukkan bahwa kematian akibat overdosis melonjak pada 2017 hampir tujuh persen ke angka rekor 71.568. Angka kematian itu jauh melebihi angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas, kematian terkait senjata atau bunuh diri.

Angka itu naik dari 67.114 kematian pada 2016 dan cukup jauh melampaui 54.207 kematian akibat penggunaan obat-obatan pada tahun sebelumnya, demikian menurut CDC.

Kematian meningkat di semua wilayah kecuali 12 dari 50 negara bagian. Negara bagian Florida, California, Pennsylvania, dan Ohio mencatat jumlah kematian terbanyak.

Gelombang kenaikan terbesar secara persentase terjadi di negara bagian tenggara North Carolina, naik 22,5 persen, dan negara bagian pertanian barat tengah, Nebraska, naik 33,3 persen.

Krisis overdosis dimulai pada awal 2010 umumnya karena resep Oxycontin dan obat penghilang rasa sakit lainnya yang berlebihan sehingga menyebabkan lebih dari dua juta orang menjadi kecanduan.

Namun dalam tiga tahun terakhir pecandu terpaksa beralih ke heroin dan fentanyl yang lebih murah, namun jauh lebih keras karena pihak berwenang menindak penjualan obat penghilang rasa sakit dengan resep.

Data menunjukkan bahwa opioid sintetis seperti fentanyl sekarang menyebabkan hampir separuh dari kematian overdosis, naik dari sekitar sepertiga hanya dalam setahun.

Presiden Donald Trump menyatakan masalah itu sebagai darurat kesehatan masyarakat nasional tahun lalu. Pernyataan ini meningkatkan dana bagi komunitas untuk memerangi kecanduan dan dampak sosial, seperti anak-anak terlantar tanpa dukungan setelah orang tua meninggal karena overdosis.

Meskipun kematian meningkat secara keseluruhan, data CDC mengatakan beberapa program intervensi mungkin berhasil. Kematian akibat overdosis turun di Massachusetts, salah satu negara bagian dengan korban tinggi dalam beberapa tahun terakhir.

Masyarakat di seluruh negeri telah memperluas penggunaan alat penanggulangan overdosis dengan Naloxone, obat yang bisa membantu menyadarkan kembali korban overdosis. [my]

XS
SM
MD
LG