Tautan-tautan Akses

AS

Kelompok Pembela Hak Media Soroti Trump Jelang Hari Kebebasan Pers


Presiden Donald Trump saat diwawancarai oleh Reuters di Gedung Putih, Washington DC, 27 April 2017. (REUTERS/Carlos Barria).

Reporters Without Borders menuduh Presiden Trump melancarkan ‘ujaran kebencian’ terhadap wartawan. Freedom House mempertanyakan apakah ia percaya pada prinsip-prinsip pokok kemerdekaan pers.

Dan Komite Perlindungan terhadap Jurnalis (Committee to Protect Journalists) yang tahun lalu mencapnya "ancaman yang belum pernah terjadi sebelumnya" bagi kebebasan media global, menyatakan keadaan tidak bertambah baik sejak ia terpilih menjadi presiden..

Itu hanyalah contoh dari bentuk ucapan sengit yang digunakan kelompok-kelompok media utama berhaluan kanan dalam melukiskan Presiden Trump dalam beberapa laporan yang diterbitkan menjelang Hari Kemerdekaan Pers Sedunia tanggal 3 Mei nanti.

Ditinjau secara keseluruhan, laporan itu merupakan teguran keras terhadap Amerika yang sejak lama memandang diri selaku pemegang panji kebebasan berbicara dan contoh bagi negara di seluruh dunia. [al]

XS
SM
MD
LG