Tautan-tautan Akses

Kelompok Kesehatan Masyarakat India Kehilangan Izin Terima Dana Asing


Seorang pasien tengah diambil darahnya untuk diuji di klinik khusus untuk melayani penderita demam, yang biasanya merupakan gejala awal demam berdarah di sebuah rumah sakit di New Delhi, India, 15 September 2016. (Foto: dok).

Pemerintah India telah membatalkan izin pendanaan luar negeri bagi salah satu organisasi kesehatan masyarakat utama negara tersebut, yang para donornya termasuk Bill and Melinda Gates Foundation.

Ini adalah langkah terakhir pemerintahan Perdana Menteri Narendra Modi dalam menindak badan amal dan organisasi nirlaba yang menerima dana dari luar negeri dan sering dikritik karena bertentangan dengan kepentingan nasional.

Public Health Foundation of India juga bermitra dengan pemerintah India dalam beberapa proyek.

Juru bicara kelompok tersebut Rajeev Chhibber mengatakan pada hari Jumat bahwa organisasi tersebut menerima surat dari Kementerian Dalam Negeri yang mengatakan bahwa mereka sudah tidak memiliki izin untuk mendapatkan uang asing minggu lalu.

Kementerian itu secara khusus meminta kelompok tersebut agar menjelaskan pengeluaran mereka untuk program HIV/AIDS dan rokok. [as]

XS
SM
MD
LG