Tautan-tautan Akses

Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2019: The Minions Tersingkir, Greysia/Apriyani Melaju


Pasangan ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya da Marcus Fernaldi Gideon saat berlaga di putaran kedua ganda putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF 2019 di St. Jakobshalle Basel, Basel, Switzerland, 21 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Memasuki hari ketiga Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF 2019 di St. Jakobshalle, Bassel, Swiss, sembilan wakil Indonesia berhasil lolos ke babak tiga seperti dikutip dari laman resmi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Rabu (21/8/2019).

Indonesia masih memiliki dua perwakilan di masing-masing partai, kecuali tunggal putri, setelah Fitriani menyerah di tangan peringkat dua besar dunia, Tai Tzu Ying (Taiwan), 15-21 dan 14-21, Rabu kemarin.

Sementara itu, ganda putra Marcus Gideon/Kevin Sanjaya tersingkir di babak kedua setelah kalah dari pasangan Korea Selatan, Choi Solgyu/Seo Seung Jae, dengan skor 21-16, 14-21, dan 21-23. “The Minions” sempat unggul di set pertama, tapi keadaan justru berbalik di set berikutnya.

“Mereka bermain bagus sekali, tidak gampang mati, dan kami banyak melakukan kesalahan sendiri,” ucap Kevin selepas laga.

Nasib serupa juga dialami Berry Angriawan/Hardianto yang ditaklukan ganda China, He Ji Ting/Tan Qiang, dengan 16-21 dan 20-22. Namun, dua pasangan ganda lainnya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berhasil lolos ke babak tiga. Ahsan/Hendra membekuk pasangan Jelle Maas/Robin Tabeling dari Belanda dengan skor 21-13 dan 21-12. Sementara itu, butuh waktu 70 menit bagi Fajar/Rian untuk mencundangi Marcus Ellis/Chris Langridge (Inggris) dengan skor 14-21, 21-18, dan 21-14.

Game pertama kami terlalu buru-buru jadi banyak melakukan kesalahan sendiri. Mereka mainnya safe banget, main satu-satu,” ungkap Fajar seperti diberitakan PBSI. Namun, keduanya berfokus untuk bisa mencetak poin di set berikutnya agar lawan tak nyaman, sehingga dapat merebut poin di set berikutnya.

Pasangan ganda putra Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto menyalami ganda putra Inggris, Chris Langridge dan Marcus Ellis, saat memenangkan laga babak kedua ganda putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF di Basel, Swiss, 21 Agustus 2019. (Foto: Reuters)
Pasangan ganda putra Fajar Alfian dan Muhammad Rian Ardianto menyalami ganda putra Inggris, Chris Langridge dan Marcus Ellis, saat memenangkan laga babak kedua ganda putra Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis BWF di Basel, Swiss, 21 Agustus 2019. (Foto: Reuters)

Kabar baik lainnya datang dari partai ganda putri dengan kemenangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu atas Anastasiia Akchurina/Olga Morozova (Rusia), 21-13 dan 21-12. Di babak tiga, pasangan peringkat lima dunia tersebut akan bersua dengan Gabriela Stoeva/Stefani Stoeva (Bulgaria) yang berada di posisi 10 besar dunia.

Pasangan ganda putri lain, Della Destiara Haris dan Rizki Amelia Pradipta melenggang ke-16 besar tanpa kesulitan berarti. Mereka menghentikan laju pasangan Ukraina Maryna Ilyinskaya/Yelyzaveta Zharka, 21-9 dan 21-11.

Di hari ketiga kejuaraan ini pula, ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti menyusul Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja yang telah lolos ke babak tiga Selasa lalu. Ganda campuran Praveen/Melati unggul 21-16 dan 21-11 atas Jakub Bitman/Alzbeta Basova. Namun, keduanya harus waspada terhadap pasangan Belanda Robin Tabeling/Selena Piek yang akan dihadapinya di babak ketiga.

“Kami pernah ketemu sebelumnya dan kalah. Di Kejuaraan Dunia ini kami ingin coba lebih fight lagi buat besok," ungkap Praveen.

Mengutip laman BWF World Championship, tunggal putra Jonatan Christie akan berhadapan dengan pebulu tangkis Denmark, Jan O Jorgensen pada hari ini Kamis (22/8), untuk memperebutkan tempat di perempat final. Sedangkan Anthony Sinisuka Ginting akan berlaga melawan Sai Praneeth B. dari India. [ga/ft]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG