Tautan-tautan Akses

Habisi Jepang, China Juara Piala Sudirman


Tim China merayakan kemenangan atas tim Jepang dan menjuarai turnamen bulu tangkis Piala Sudirman 2019, di Kota Nanning, Wilayah Guangxi, China, 26 Mei 2019. (Foto: AF)

Tuan rumah China membabat habis Jepang dan meraih gelar ke-11 turnamen bulu tangkis Piala Sudirman, Minggu (26/5). Juara dunia tunggal Kento Momota bahkan secara mengejutkan kalah dari pebulu tangkis China, Shi Yuqi, kantor berita AFP melaporkan.

China meraih kembali Piala Sudirman yang dua tahun lalu direbut oleh Korea Selatan.

Jepang belum pernah menang dalam turnamen bulu tangkis tim campuran. Perjuangan mereka harus berlanjut setelah kalah 3-0 dari China di Kota Nanning.

Kemenangan China atas pemain unggulan menjadi indikasi kekuatan yang mereka miliki menjelang Olimpiade Musim Panas di Tokyo tahun depan.

Di hadapan 4.600 penonton tuan rumah, Shi pada nomor tunggal putra dan Chen Yufei pada nomor tunggal putri, menampilkan penampilan menawan dengan bangkit setelah ketinggalan satu gim.

Momota yang diharapkan bisa mengalahkan Shi ternyata menyerah.

Pebulu tangkis nomor satu dunia itu mengalahkan Shi, yang berada di peringkat kedua dunia, sebanyak empat dari lima kali laga, termasuk final kejuaraan dunia tahun lalu.

Momota sempat memimpin setelah memenangkan babak pertama dengan 21-15. Tapi tiba-tiba Shi menemukan irama permainannya dan memaksa lawannya yang berusia 24 itu untuk menyerah.

Momota mengatakan kekalahannya sebagai “pelajaran menyakitkan” dan mengakui dia merasakan tekanan besar untuk memenangkan Jepang di final.

“Saya takjub Shi bermain sebagus ini,” kata Momota seraya menambahkan riuh dukungan dari pendukung tim tuan rumah juga mempengaruhi permainnya. [ft]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG