Tautan-tautan Akses

Kejaksaan Amerika Perluas Penyelidikan atas Gang MS-13 ke Negara Asalnya


ARSIP - Polisi dari unit anti-gang berdiri di sebelah terduga anggota MS-13 yang diborgol selama penggrebekan polisi di San Salvador, El Salvador, 31 Januari 2014 (foto: AP Photo/Esteban Felix)

Penyelidikan terhadap gang MS-13 diperluas hingga ke negara asalnya, yaitu kawasan negara-negara yang dikenal sebagai segitiga utara yang terdiri dari El Salvador, Guatemala, dan Honduras.

Kejaksaan Amerika memperluas penyelidikan atas gang MS-13 ke tempat asalnya, negara-negara yang disebut segitiga utara dan terdiri dari El Salvador, Guatemala, dan Honduras.

Gang ini berasal dari kalangan pengungsi perang dari El Salvador di LA pada tahun 80an, MS-13 juga dikenal sebagai Mara Salvatrucha, sebuah nama Spanyol, dan telah menjadi salah satu gang terbesar dan paling kejam di Amerika. Konon anggotanya mencapai 10 ribu orang.

Tetapi kepemimpinannya ada di El Salvador dimana mereka merencanakan dan mengorganisir beberapa pembunuhan di Amerika, dan kasus-kasus ini tidak bisa diselidiki jaksa Amerika. Demikian kata Kenneth Blanco, asisten jaksa agung yang bertanggung jawab di divisi kejahatan di Kejaksaan Agung.

Sebagai bagian dari perang melawan kejahatan terorganisir, divisi ini mengoordinasikan dengan pemerintahan-pemerintahan Amerika Tengah untuk mengumpulkan petunjuk dan barang bukti guna melakukan penuntutan terhadap anggota-anggota gang ini di Amerika dan mengawasi yang lainnya sebelum mereka bisa masuk ke Amerika,” demikian kata Blanco dihadapan Komite Judisial Senat pada Rabu.

“Sasaran akhir adalah membongkar seluruh struktur kepemimpinan MS-13, termasuk anggota-anggotanya yang tinggal di luar negeri,” kata Blanco. [jm]

XS
SM
MD
LG