Tautan-tautan Akses

Kehilangan Pekerjaan di Era Corona, Seniman Jalanan Beri Makan Tuna Wisma di AS


Para tunawisma tinggal di tenda-tenda di kota Los Angeles, California, AS.

Princess Dumebi bekerja sebagai artis jalanan di Hollywood Boulevard, Los Angeles, California. Namun, setelah pandemi virus corona melanda California, ia dan kebanyakan warga di Amerika, kehilangan pekerjaan. Tapi, ia menolak untuk tinggal diam. Ia mulai memasak untuk memberi makan tuna wisma.

Belakangan ini, Hollywood Boulevard lebih nampak sepi, bagaikan set film di luar jam kerja, tidak seperti jalanan pada umumnya. Restoran tutup dan tidak ada turis yang lalu lalang. Yang terlihat khususnya di bilangan Hollywood Walk of Fame hanyalah para tuna wisma yang tak tahu harus kemana.

Perayaan 10 tahun meninggalnya Michael Jackson di Hollywood Walk of Fame
Perayaan 10 tahun meninggalnya Michael Jackson di Hollywood Walk of Fame

Sebelumnya, Princess Dumebi bekerja di bilangan ini sebagai artis jalanan yang berpakaian seperti pahlawan super alias superhero. Belakangan ini, di saat tidak ada orang yang bisa dihibur, ia tetap menjadi pahlawan, dalam arti yang sebenarnya.

"Sewaktu karantina wilayah dimulai, pikiran saya jatuh pada para tuna wisma. Saya bisa masuk ke rumah, apartemen, untuk tinggal dan makan. Tapi, bagaimana dengan para tuna wisma di jalanan? Siapa yang akan memberi makan mereka? Hollywood (yang biasa dibanjiri) ribuan orang, atau mungkin lebih dari jutaan orang datang kemari setiap minggunya memberi makan mereka. Seperti barang-barang yang mereka buang ke dalam tempat sampah,” ujar Princess Dumebi kepada VOA.

Hollywood Boulevard sepi pengunjung akibat wabah virus corona
Hollywood Boulevard sepi pengunjung akibat wabah virus corona

Kini, di saat jalanan sepi, tidak ada makanan yang tersisa untuk para tuna wisma. Setelah Princess dumebi, seperti juga ribuan warga lain, kehilangan pekerjaan, ia mulai memasak untuk mereka yang tidak bisa mendapatkan makanan dan membagikannya di jalanan tersebut.

"Saya berusaha menghindari masakan daging, karena tidak semua orang suka. Tapi, saya pastikan mereka mendapatkan sayur dan buah. Sebisa mungkin, saya berusaha mendapatkan makanan yang organik. Biasanya, saya menyediakan 50 hingga 60 porsi, setiap hari,” kata Princess Dumebi.

Dumebi berasal dari Afrika dan datang ke California untuk mengejar mimpinya menjadi seorang aktris. Walau ia tidak pernah mencapai kesuksesan, ia tidak ingin meninggalkan Hollywood Boulevard.

Seorang turis keluar dari sebuah toko suvenir di Hollywood, sebelum ada pandemi virus corona.
Seorang turis keluar dari sebuah toko suvenir di Hollywood, sebelum ada pandemi virus corona.

"Saya bekerja di sini dan mendapat penghasilan dari menawarkan tur untuk wisatawan, menyambut para turis, mengambil foto, dan meminta tip. Jadi saya menghasilkan banyak uang di sini, jumlah uang yang layak,” jelasnya.

Princess Dumebi hidup dari hasil tabungannya. Ia tidak kehilangan harapan dan selalu optimistis. Ia percaya, masa-masa sulit hanyalah sebuah ujian dan akan lebih mudah berlalu dengan saling membantu sesama.

"Manajemen dari komplek apartemen tempat saya tinggal memberikan kami keringanan. Misalnya, jika kami tidak bisa membayar penuh sewa kami, mereka memberikan cicilan pembayaran, yang kami seharusnya bisa melunasinya dalam waktu 6 bulan. Saya bersyukur bahwa saya masih bisa makan dan memberi makan orang lain. Hal terkecil yang bisa kamu lakukan adalah memberi makan mereka."

Dumebi mengatakan, pihak kepolisian mengerti dan memperbolehkannya untuk memberikan makanan kepada para tuna wisma di Hollywood Boulevard. Dan ia percaya di tengah kepanikan dan krisis ini asalkan setiap orang bisa melakukan hal kecil untuk membantu sesama, dunia akan menjadi tempat yang jauh lebih baik. [di/jm]

Lihat komentar (2)

Forum ini telah ditutup.
XS
SM
MD
LG