Tautan-tautan Akses

Kegiatan Manufaktur China Tumbuh di Bulan Agustus


Seorang pekerja menggunakan laptop pada sebuah perusahaan otomotif di Chongqing, China (foto: ilustrasi).

Kegiatan manufaktur China tumbuh pada bulan Agustus, demikian survei yang memperlihatkan bahwa sebuah unsur penting dari ekonomi kedua terbesar di dunia tetap bertahan.

Data pada hari Kamis menunjukkan Purchasing Manager’s Index (PMI), atau indeks manajer pembelian naik dari 51,4 menjadi 51,7 pada Juli.

Indeks itu didasarkan pada skala 100 poin dan angka diatas 50 mengindikasikan adanya perluasan.

Ini merupakan bulan ketiga-belas berturut-turut dimana PMI menunjukkan perluasan, demikian petunjuk data yang dikumpulkan oleh Federation of Logistics and Purchasing dan dirilis oleh situs statistik resmi China.

Output meningkat dan secara keseluruhan pesanan baru bertambah tetapi laju pertumbuhannya yang melamban. Ini menunjukkan bahwa permintaan di dalam negeri menguat sementara ekspor mengendur.

Indeks lainnya yang mengukur kegiatan non-manufaktur, turun untuk bulan kedua berturut-turut, dan turun dari 54,5 menjadi 53,4. Ini mencerminkan melambannya sektor jasa China.

Analis ekonomi China meramalkan pertumbuhan ekonomi China akan melamban tahun ini karena kebijakan pengendalian kredit yang ditujukan untuk memperlambat laju peningkatan hutang mulai berpengaruh pada operasi bisnis dan industri di China. [sp/jm]

XS
SM
MD
LG