Tautan-tautan Akses

Kegiatan Manufaktur China Meningkat pada Oktober


Seorang pekerja berdiri di dekat lini produksi baja nirkarat di Dalian, Provinsi Liaoning, China, 29 Februari 2016. (Foto: Reuters)

Kegiatan manufaktur China meningkat pada Oktober. Dengan demikian China mencatat adanya peningkatan kegiatan manufaktur selama delapan bulan berturut-turut, meskipun pada tingkat yang sedikit lebih lamban dibandingkan bulan September, menurut Biro Statistik Nasional hari Sabtu (31/10).

Purchasing Managers' Index mencatat 51,4, turun dari 51,5 pada bulan sebelumnya, kata badan itu. Angka di atas 50 dalam survei bulanan perusahaan menunjukkan kemajuan.

Ekonomi secara bertahap pulih sejak indeks jatuh ke 35,7 pada Februari selama puncak wabah virus corona di China. Negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia itu tumbuh 4,9 dalam tiga bulan yang berakhir 30 September, pertumbuhan kuartal kedua berturut-turut setelah turun 6,8 persen dari Januari hingga Maret.

Lapangan pekerjaan manufaktur setelah naik sedikit pada Maret dan April, turun untuk bulan keenam berturut-turut dengan 49,3, turun dari 49,6 pada September. China berjuang untuk membuat rakyatnya kembali bekerja, bahkan ketika sebagian besar pandemi di dalam negeri telah menurun.

Pemulihan itu lebih banyak membantu pabrik-pabrik besar daripada yang lebih kecil, yang jatuh ke angka negatif pada bulan Oktober, turun 0,7 menjadi 49,4.

Seorang pakar statistik senior di Biro Statistik Nasional, Zhao Qinghe, mengatakan sebagian perusahaan melaporkan, merebaknya kembali pandemi di luar negeri menunda impor bahan mentah dan meningkatkan biaya transportasi.

Biro itu juga melaporkan, Purchasing Managers' Index untuk aktivitas yang non-pabrik naik menjadi 56,2, dari 55,9 pada September. Indeks itu mencakup industri jasa dan bangunan. [ps/jm]

Recommended

XS
SM
MD
LG