Tautan-tautan Akses

Ekonomi China Tumbuh Hampir 5% dalam Kuartal Ketiga 2020


Seorang penjual menghitung uang kertas yuan China di toko sayurnya di Beijing, Kamis, 28 Januari 2016. (Foto: AP)

Ekonomi China tumbuh 4,9 persen dalam tiga bulan antara Juli dan September. Hal ini semakin membuktikan bahwa situasi ekonomi terbesar kedua di dunia itu dengan cepat pulih dari pandemi virus corona yang terburuk.

Pertumbuhan 4,9 persen pada kuartal ketiga tahun 2020 itu lebih baik daripada pertumbuhan 3,2 persen pada periode antara April dan Juni, menurut angka yang dirilis Senin (19/10) oleh Biro Statistik Nasional pemerintah.

Sementara itu, hasil industri China naik 6,9 persen dalam bulan September, sedangkan penjualan ritel naik 3,3 persen untuk bulan yang sama.

Biro statistik mengatakan pekan lalu bahwa ekspor China naik 9,9 persen pada September dibandingkan pada tahun lalu. Itu merupakan kenaikan signifikan dari angka 9,4 persen yang diunggah pada Agustus. Menurut analis, kenaikan ekspor itu dipicu oleh permintaan global akan alat pelindung diri dan pasokan medis lain buatan China untuk mengekang penyebaran Covid-19.

Ekonomi China adalah yang pertama di dunia yang terimbas wabah virus baru corona, yang pertama kali terdeteksi akhir tahun lalu di Wuhan, kota di China tengah. [ka/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG