Tautan-tautan Akses

Kedubes AS di Jakarta Konfirmasi 1 Staf Lokal Positif Corona Meninggal


Para petugas kepolisian berjaga di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, 13 Desember 2017. (Foto: AP)
Para petugas kepolisian berjaga di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, 13 Desember 2017. (Foto: AP)

Juru bicara Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta, Kamis (2/4), mengonfirmasi bahwa satu staf lokalnya meninggal karena virus corona.

“Dengan rasa duka yang mendalam, kami mengkonfirmasi meninggalnya seorang anggota komunitas Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta. Yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19,” demikian petikan pernyataan yang diterima VOA. Demi privasi, tidak ada rincian lebih lanjut tentang staf lokal tersebut.

“Tidak ada tanggung jawab yang lebih besar bagi Departemen Luar Negeri Amerika selain keselamatan dan keamanan warga negara Amerika di luar negeri, termasuk karyawan kami yang bekerja di kedutaan besar dan konsulat, serta keluarga mereka. Juga keselamatan dan keamanan anggota komunitas lokal yang dipekerjakan oleh kedutaan besar dan konsulat kami.”

Kedubes Amerika di Jakarta juga menegaskan bahwa pihaknya senantiasa bekerja sama erat dengan badan-badan pemangku kepentingan di Departemen Luar Negeri Amerika dan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention/CDC).

Kedubes juga menegaskan komitmennya untuk melindungi kesehatan dan keselamatan warga negara Amerika dan karyawan Misi Amerika beserta anggota keluarga mereka.

Pernyataan itu juga menggarisbawahi koordinasi yang dilakukan dengan otorita kesehatan dan perwakilan pemerintah Indonesia untuk melawan perebakan virus corona.

“Berkoordinasi dengan otoritas Indonesia, Kedubes AS di jakarta mengimplementasikan segala cara yang diperlukan untuk membantu mengendalikan penyebaran Covid-19.”

Sebelumnya, VOA melaporkan pada Rabu (1/4), mengutip pernyataan Deplu AS, bahwa satu staf lokal di Kedutaan Besar Amerika di Jakarta dan satu lainnya di Kedutaan Besar Amerika di Kinshasa, Republik Demokratik Kongo yang meninggal karena terjangkit virus corona. [em/ft]

Recommended

XS
SM
MD
LG