Tautan-tautan Akses

Kebakaran Sekolah Agama di Malaysia, Sedikitnya 23 Tewas


Sekolah "tahfiz" di Kuala Lumpur, Malaysia dilanda kebakaran yang menewaskan sedikitnya 23 orang, Kamis (14/9).

Sebuah kebakaran yang terjadi pada dini hari di sebuah sekolah agama swasta di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur, menewaskan 23 orang pada hari Kamis (14/9). Kebanyakan di antara korban adalah remaja lelaki.

Petugas pemadam mengatakan kebakaran pada pagi buta di Darul Quran Ittifaqiyah itu terjadi di lantai atas gedung asrama di mana para siswa sedang tidur. Para korban, 21 anak lelaki berusia antara 13 dan 17, dan dua guru dewasa, tidak dapat melarikan diri karena satu-satunya pintu masuk ke ruang tidur terhalang api, dan jendela-jendela kamar mereka tertutup kisi-kisi besi.

Para saksi mata melihat tanpa mampu membantu sewaktu mereka mendengar teriakan minta tolong dari para siswa sewaktu api berkecamuk. Mayat mereka belakangan ditemukan dalam keadaan meringkuk di dua sudut ruangan yang hangus terbakar. Para petugas menyatakan para korban mungkin tewas karena menghirup asap.

Delapan belas penghuni lainnya di sekolah itu berhasil diselamatkan, enam di antaranya dirawat di rumah sakit dalam kondisi kritis.

Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan. Tetapi para pejabat meyakini kobaran itu bermula dari korsleting listrik.

Darul Quran Ittifaqiyah adalah satu dari ratusan sekolah di Malaysia yang dikenal sebagai tahfiz, di mana murid belajar dan menghapal Quran. Banyak sekolah semacam itu tidak diatur pemerintah.

Surat kabar The Star menyatakan dinas pemadam kebakaran telah mencatat 211 kebarakan di sekolah tahfiz sejak 2015. [uh/lt]

XS
SM
MD
LG