Tautan-tautan Akses

Kebakaran Landa Gudang Bahan Berbahaya di Pangkalan AS di Jepang


Asap kebakaran mengepul dari gedung yang disebut "18th Wing Hazardous Materials Pharmacy" di Pangkalan Udara Kadena, pulau Okinawa, Jepang, Senin pagi, 22 Juni 2020. (Foto: Kyodo News via AP)

Kebakaran terjadi di gudang penyimpanan bahan berbahaya di pangkalan udara militer AS di pulau Okinawa, Jepang

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan Angkatan Udara AS menyebutkan, kebakaran mulai terjadi Senin pagi (22/6), dan berlangsung selama beberapa jam, di Pangkalan Udara Kadena. Menurut pernyataan itu pula, kebakaran tersebut berhasil dikendalikan dan hanya terjadi pada gudang itu.

Tayangan video yang diudarakan televisi Jepang menunjukan kepulan asap hitam membubung dari gedung yang disebut Hazardous Materials Pharmacy 18 itu. Kawasan pangkalan udara itu ditutup dan para stafnya dievakuasi sewaktu para petugas pemadam kebakaran berusaha mengendalikan amukan api.

Menurut pernyataan Angkatan Udara AS, tidak ada korban cedera dalam insiden tersebut.

Kadena adalah pangkalan udara AS terbesar di Timur Jauh. Lebih setengah dari 50.000 tentara AS yang dikerahkankan di Jepang ditempatkan di sana. Banyak warga Okinawa telah lama mengeluhkan gangguan kesehatan lingkungan, kebisingan dan kejahatan terkait pangkalan tersebut.

Dampak lingkungan dari aktivitas pangkalan-pangkalan militer AS merupakan keprihatinan besar di Okinawa. April lalu, lebih dari 140 ton cairan busa penangkal kebakaran – yang diyakini mengandung bahan penyebab kanker -- bocor di pangkalan udara Angkatan Laut AS di Futenma, dan diduga mencemari perairan. Insiden itu mendorong terjadinya perbincangan relokasi pangkalan itu. Kementerian Pertahanan Jepang bulan lalu mengatakan, contoh air yang diduga tercemar menunjukkan tidak ada masalah yang perlu dikhawatirkan. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG