Tautan-tautan Akses

AS

Kebakaran Hutan Bakar Wilayah Luas di Pantai Barat AS


Kabut asap dari kebakaran lahan menyelimuti kawasan permukiman Medford Estates setelah kebakaran Almeda, di Medford, Oregon, 10 September 2020. (Foto: Reuters)

Angin yang lebih tenang dan kelembaban yang lebih tinggi membantu para pemadam kebakaran untuk mengatasi lebih dari 100 kebakaran hutan, Sabtu (12/9), yang terus berkobar di sepanjang Pantai Barat AS, dari California ke Washington dan seterusnya.

Kebakaran hebat itu menghanguskan kota-kota dan menewaskan sedikitnya 24 orang.

Pihak berwenang khawatir akan menemukan lebih banyak jenazah di wilayah yang terkena dampaknya.

“Kami bersiap menghadapi insiden fatalitas dalam jumlah besar berdasarkan apa yang kita ketahui dan jumlah struktur (bangunan) yang terbakar," kata Andrew Phelps, direktur Manajemen Kantor Darurat Oregon (OEM) pada Jumat (11/9).

Lebih dari 40.000 orang di Oregon telah dievakuasi dan sekitar 500.000 atau lebih dari 10% populasi negara bagian itu, masih berada di bawah berbagai tingkat protokol evakuasi karena kebakaran di negara bagian itu menghancurkan ribuan rumah dan membakar ratusan ribu hektar lahan.

Gubernur Oregon Kate Brown pada Jumat (11/9) meralat pernyataan OEM sehari sebelumnya bahwa setengah juta orang di seluruh negara bagian itu telah diperintahkan untuk mengungsi.

Oregon Convention Center di Portland telah diubah menjadi tempat penampungan. Tempat-tempat penampungan lain dibuka di seluruh negara bagian itu. Banyak juga orang yang memilih mengungsi di mobil mereka di lapangan parkir yang besar. [vm/ft]

XS
SM
MD
LG