Tautan-tautan Akses

Kebakaran di Pabrik Petasan di India Selatan Tewaskan 7 Orang


Pekerja pemerintah negara bagian India dari 'layanan mobil jenazah gratis' mengangkut jenazah dengan kendaraan mereka setelah ledakan di pabrik petasan di Warangal, di negara bagian Telangana, India selatan, 4 Juli 2018, sebagai ilustrasi. (Foto: Reuters)

Kebakaran terjadi di sebuah pabrik petasan di wilayah selatan India, Jumat (4/9), menewaskan tujuh pekerja dan mencederai dua lainnya.

Polisi mengatakan, mereka yang terluka telah dilarikan ke rumah sakit sementara penyebab kebakaran masih diselidiki. Pabrik itu terletak di sebuah desa dekat kota Cuddalore, sekitar 190 kilometer dari selatan Chennai, ibu kota negara bagian Tamil Nadu.

Industri petasan merupakan bisnis besar di India. Petasan sering digunakan untuk memeriahkan festival dan pesta pernikahan.

Banyak pabrik petasan ilegal beroperasi di negara itu dengan sistem pengamanan yang sangat tidak memadai. Mereka menjual petasan dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan yang diproduksi pabrik-pabrik legal.

September tahun lalu, ledakan hebat terjadi di sebuah pabrik di Batala, sebuah kota di negara bagian Punjab, sekitar 460 kilometer dari utara New Delhi. Insiden itu menewaskan 22 orang dan mencederai puluhan lainnya.

Pemerintah India berusaha keras memberantas pabrik-pabrik petasan ilegal, namun usaha mereka menghadapi banyak kendala. Yang memprihatinkan, pabrik-pabrik itu umumnya dibangun di kawasan permukiman yang padat. [ab/uh]

Recommended

XS
SM
MD
LG