Tautan-tautan Akses

Api Kembali Berkobar di Pasar Grosir Terbesar New Delhi


Sebuah mobil pemadam kebakaran yang berupaya melewati gang yang terlalu sempit untuk dilalui kendaraan, tersangkut kabel listrik di dekat lokasi kebakaran di New Delhi, India, Minggu, 8 Desember 2019.

Para petugas pemadam kebakaran di ibu kota India memadamkan api Senin di gedung yang sama di mana kebakaran mematikan terjadi sehari sebelumnya.

Empat puluh tiga orang tewas pada hari Minggu (9/12) ketika api membakar gedung yang berisi unit-unit pabrik. Kebakaran itu merupakan yang terburuk di New Delhi dalam lebih dari dua dekade.

Petugas pemadam kebakaran memadamkan kobaran api pada hari Minggu. Api mulai berkobar pada malam sebelumnya, ketika sebagian besar penduduk tidur. Petugas harus berjuang mengatasi kebakaran itu dari jarak 100 meter karena lorong-lorong di sekitar gedung itu terlalu sempit untuk dimasuki truk pemadam kebakaran.

Sebagian perusahaan menyediakan tempat tidur di pabrik-pabrik mereka bagi para pekerja yang umumnya adalah migran miskin yang dibayar dengan upah yang kecil.

Kebakaran itu terjadi di Sadar Bazaar, pasar grosir terbesar di New Delhi untuk barang-barang kebutuhan rumah tangga di mana kabel-kabel listrik terpasang bergelantungan di sepanjang gang-gang sempit di area yang dipadati oleh pabrik-pabrik, pertokoan, dan apartemen.

Penyelidikan awal terhadap kebakaran itu menunjukkan terjadinya korsleting yang memicu tragedi tersebut, menurut kantor berita India, PTI. Pemilik gedung, Rihan, telah ditangkap sementara pihak berwenang menyelidiki kemungkinan adanya kegagalan untuk memenuhi standar keselamatan dari kebakaran. [lt/ab]

Recommended

XS
SM
MD
LG