Tautan-tautan Akses

Kebakaran di Kapal Angkatan Laut AS di California Berhasil Dipadamkan


Kapal-kapal Kepolisian Pelabuhan San Diego berjuang memadamkan api di USS Bonhomme Richard di Pangkalan TNI Angkatan Laut di San Diego, 12 Juli 2020.
Kapal-kapal Kepolisian Pelabuhan San Diego berjuang memadamkan api di USS Bonhomme Richard di Pangkalan TNI Angkatan Laut di San Diego, 12 Juli 2020.

Tim pemadam kebakaran telah berhasil memadamkan kebakaran besar yang telah berkobar lebih dari empat hari di atas kapal serbu amfibi Angkatan Laut AS yang berlabuh di Pangkalan Angkatan Laut San Diego, California.

Penyebab kebakaran di atas kapal amfibi USS Bonhomme Richard bernilai miliaran dolar itu masih dalam penyelidikan.

“Kami tidak tahu asal mula api. Kami tidak tahu tingkat kerusakannya. Masih terlalu dini untuk membuat prediksi atau janji tentang masa depan kapal itu,” kata Laksamana Muda Angkatan Laut AS Philip Sobeck, Kamis (16/7).

Sobeck mengatakan lebih dari 1.500 ember air diguyurkan dari tiga skuadron helikopter ke kapal itu sebelum petugas pemadam kebakaran bisa naik untuk memadamkan api terakhir.

Menurut Angkatan Laut. AS, ada 160 prajurit Angkatan Laut di atas kapal USS Bonhomme Richard ketika kebakaran terjadi. Kantor berita Associated Press melaporkan kebakaran bermula di area penyimpanan kendaraan lapis baja di bagian bawah kapal.

Secara keseluruhan, 61 prajurit dan personel sipil Angkatan Laut dirawat karena cedera akibat kebakaran itu, termasuk karena menghirup asap dan terpapar udara panas dari kebakaran. Sejauh ini tidak ada yang harus menjalani rawat inap di rumah sakit.

Kapal Dok Pendaratan Helikopter seperti USS Bonhomme Richard menyerupai kapal induk kecil dan saat ini merupakan kapal amfibi terbesar di dunia. Kapal jenis ini dirancang untuk memungkinkan Korps Marinir Amerika dengan mudah berganti operasi antara laut dan darat. [lt/ft]

XS
SM
MD
LG