Tautan-tautan Akses

KCNA: Kim Tekankan Ketahanan Ekonomi dalam Pertemuan Politbiro


emimpin Korea Utara Kim Jong Un saat meninjau pabrik pupuk di Sunchon, Provinsi Pyungan Selatan, dekat Pyongyang, Korea Utara, 1 Mei 2020.

Kantor berita resmi Korea Utara, KCN, Senin (8/6), melaporkan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri sebuah pertemuan politbiro Partai Pekerja yang berkuasa di negara itu. Pertemuan itu membahas proyek-proyek ekonomi, termasuk industri kimia.

Pertemuan dua hari itu terjadi di tengah ketidakpastian ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yang semakin menambah masalah ekonomi Korut, yang selama ini terbebani sanksi-sanksi internasional yang bertujuan agar Korut menghentikan program nuklirnya.

Pertemuan itu membahas "isu-isu penting yang timbul dalam upaya mengembangkan ketahanan ekonomi negara itu dan meningkatkan standar hidup rakyat," kata KCNA.

Pertemuan biro politik ke-13 itu berulangkali menekankan bahwa industri kimia adalah "faktor utama yang mendorong ekonomi nasional," katanya.

Setelah spekulasi intensif beberapa minggu mengenai kesehatannya, KCNA melaporkan bahwa Kim menghadiri peresmian sebuah pabrik kimia pada 1 Mei.

Pertemuan itu juga menekankan konstruksi perumahan sebagai cara untuk memperbaiki standar hidup rakyat Korea Utara. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG