Tautan-tautan Akses

Kawanan Perampok Curi Artifak Olimpiade di Museum Yunani


Para pengunjung dan polisi berkumpul di depan museum antik di Ancient Olympia (17/2). Puluhan artifak dijarah perampok dari Museum ini.
Para pengunjung dan polisi berkumpul di depan museum antik di Ancient Olympia (17/2). Puluhan artifak dijarah perampok dari Museum ini.

Pencurian barang seni sudah berlangsung dua kali di Yunani dalam dua bulan terakhir ini. Menteri Kebudayaan Pavlos Geroulanos mengundurkan diri

Walikota Olympia Efthimios Kotzas mengatakan kepada para wartawan, dua orang bertopeng melumpuhkan penjaga keamanan museum hari Jum’at, dan mencuri tembikar-tembikar perunggu berharga dari museum yang didedikasikan kepada olahraga Olimpiade kuno.

Akibat pencurian ini, Menteri Kebudayan Yunani Pavlos Geroulanos mengundurkan diri. Tetapi belum jelas apakah pengunduran dirinya itu telah diterima oleh Perdana Menteri Lucas Papademos.

Pencurian itu merupakan pencurian barang seni kedua di Yunani dalam dua bulan terakhir. Bulan Januari lalu tiga lukisan oleh pelukis terkenal Pablo Picasso dicuri dari Galeri Nasional Athena.

Kepala Badan Situs Arkeologi Yunani George Dimakakos mengatakan langkah-langkah penghematan itu memicu pengurangan petugas keamanan bagi benda-benda antik milik negara itu.

Nilai benda-benda yang dicuri belum diketahui. Polisi belum melakukan penangkapan dan pencarian atas para pelaku masih terus dilakukan.

XS
SM
MD
LG