Tautan-tautan Akses

Katy Perry, Lionel Richie dan Take That Semarakkan Konser Penobatan Raja Inggris


Raja Charles III dan Ratu Camilla saling menatap satu sama lain di saat mereka berada di balkon Istana Buckhingham, London, selepas acara penobatan pada 6 Mei 2023. (Foto: Leon Neal/Pool Photo via AP)
Raja Charles III dan Ratu Camilla saling menatap satu sama lain di saat mereka berada di balkon Istana Buckhingham, London, selepas acara penobatan pada 6 Mei 2023. (Foto: Leon Neal/Pool Photo via AP)

Katy Perry, Lionel Richie dan Take That adalah sebagian dari sejumlah bintang yang tampil dalam Konser Penobatan Raja Charles III hari Minggu (7/5).

Pertunjukkan yang digelar di depan Istana Windsor di hadapan lebih dari 2.000 penonton itu merupakan puncak acara penobatan resmi Charles sebagai Raja Inggris.

Konser itu juga disiarkan secara langsung ke seluruh penjuru negara itu, di mana beberapa bangunan yang menjadi landmark Inggris bersinar karena pertunjukkan cahaya dari pesawat-pesawat nirawak.

Andrea Bocelli, Lang Lang, Nicole Scherzinger, Olly Murs dan Paloma Faith adalah beberapa bintang lain yang juga tampil dalam acara yang dipandu oleh aktor Hugh Bonneville, yang terkenal lewat perannya dalam serial televisi dan film “Downton Abbey.”

Miss Piggy dan Kermit secara mengejutkan tampil di bagian tempat duduk keluarga kerajaan.

Sementara bintang India, Sonap Kapoor, hadir memperkenalkan Paduan Suara Inggris dan Steve Windwood. Ada pula Stella McCartney yang menyampaikan pandangan tentang kecintaan Raja Charles pada lingkungan hidup. Ia juga memperkenalkan penampil Zak Abel dan Alexis Ffrench.

Saat berbicara dalam konser itu, Pangeran William menyampaikan kepada ayahnya betapa ia “sanggat bangga” pada Charles saat ia naik takhta, juga pada kegiatan amal dan konservasi yang dilakukannya. “Ia (Raja Charles.red) “mengingatkan kita akan risiko terhadap kesehatan planet kita sejak jauh hari, sebelum ini menjadi masalah sehari-hari.”

William menambahkan ayahnya “senantiasa memahami orang-orang dari semua keyakinan, semua latar belakang dan semua komunitas, yang layak dirayakan dan didukung.”

Raja Charles III dan Ratu Camilla tampak menikmati pertunjukkan ketika Lionel Ritchie menyanyikan lagu lama “All Night Long.” Keduanya sempat berdiri dan bergoyang mengikuti musik.

Beberapa anggota keluarga kerajaan, termasuk Putri Charlotte yang berusia 8 tahun dan Pangeran George yang berusia 9 tahun, melambai-lambaikan bendera Inggris bersama puluhan ribu penonton yang memadati sayap timur istana itu. [em/rs]

Forum

Recommended

XS
SM
MD
LG