Tautan-tautan Akses

Kasus Virus Corona di Dunia Lampaui 25 Juta


Seorang petugas kesehatan mengambil sampel usap hidung untuk menguji Covid-19 di Hyderabad, India, Jumat, 28 Agustus 2020. (Foto: AP)

Kasus virus corona di dunia meningkat tajam, melewati angka 25 juta pada hari Minggu (30/8). Menurut kantor berita Reuters, India menjadi negara dengan angka penyebaran virus Covid-19 tertinggi, menggantikan posisi Amerika Serikat dan Amerika Latin.

India tercatat memiliki 78.761 kasus infeksi virus corona pada hari Minggu (30/8). Rekor sebelumnya dipegang oleh AS dengan angka penularan sebesar 77.299 pada pertengahan Juli. Peningkatan kasus Covid-19 di India menyebabkan angka infeksi corona global saat ini menembus angka 25.074.751 kasus.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organisation/WHO), jumlah resmi kasus virus corona global saat ini setidaknya lima kali lebih tinggi dari jumlah penyakit influenza parah yang tercatat setiap tahun. Angka kematian karena Covid-19 di seluruh dunia hingga kini mencapai 840 ribu kasus, melampaui kematian tahunan yang terkait dengan influenza yang berada di kisaran 290-650 ribu.

Meskipun jumlah kasus virus corona melonjak, Perdana Menteri India Narendra Modi mendorong kembalinya kegiatan ekononomi untuk mengurangi imbas pandemi. Pemerintah mengumumkan pada hari Sabtu (29/8) bahwa mereka akan membuka kembali jaringan kereta bawah tanah -jalur kehidupan bagi jutaan orang di ibu kota New Delhi- dan mengizinkan acara olahraga dan keagamaan secara terbatas mulai bulan depan. [ah]

XS
SM
MD
LG