Tautan-tautan Akses

AS

Kasus Covid-19 Melonjak, Pence Salahkan Anak Muda


Tom Garrison, pemilik bar Stoneleigh P, di Dallas, Texas bersiap menutup barnya, Jumat, 26 Juni 2020. Gubernur Texas Greg Abbott mengambil langkah-langkah keras untuk mengatasi lonjakan kasus infeksi virus corona.

Wakil Presiden AS Mike Pence, Minggu (28/6), menyalahkan anak-anak muda atas kenaikan tajam kasus virus corona di negara itu dalam beberapa hari terakhir. Pence mengatakan mereka mengabaikan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Pence, dalam wawancara dengan stasiun CBS, mengatakan “tak diragukan lagi” peningkatan tes di AS, sebanyak 500 ribu per hari, telah menyebabkan semakin banyak kasus yang dikonfirmasi. Tapi dia mengatakan “anak-anak muda Amerika telah berkumpul dalam cara-cara yang mungkin tak mematuhi panduan yang kami berikan pada tingkat federal untuk tahapan pembukaan kembali bisnis-bisnis.”

Jumlah kasus virus corona di AS telah meningkat tajam dalam beberapa hari terakhir, terutama di tiga negara bagian sebelah selatan: Florida, Texas dan Arizona, yang berjarak ratusan kilometer. Secara total, AS melaporkan lebih dari 40 ribu kasus baru pada Jumat (26/6). Ini adalah angka rekor kenaikan sehari terbanyak di AS dalam enam bulan terakhir.

Pence telah membatalkan beberapa kunjungan politik ke Florida dan Arizona sepekan mendatang karena meningkatnya kasus di kedua negara bagian itu.

AS kini memiliki lebih dari 2,5 juta kasus virus corona dan lebih dari 125.000 kematian, yang terbanyak di dunia. Para pejabat kesehatan memprediksi lebih banyak warga AS akan meninggal dunia dalam beberapa bulan mendatang. [vm/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG